Breaking News:

Tanah Longsor di Tarakan

Antisipasai Curah Hujan Tinggi, Walikota Tarakan Minta Warga Korban Tanah Longsor Dievakuasi

Antisipasi curah hujan tinggi ,Walikota Tarakan, dr Khairul minta warga korban tanah longsor di sejumlah wilayah di Kota Tarakan untuk dievakuasi

Penulis: Risnawati | Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.COM/ HUMAS PEMKOT TARAKAN
Walikota Tarakan, dr Khairul saat tinjau lokasi tanah longsor, Selasa (29/9/2020) 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN- Hujan lebat diperkirakan masih akan terjadi di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) beberapa hari kedepan.

Guna mengantisipasi hal itu, Walikota Tarakan, dr Khairul minta warga korban tanah longsor di sejumlah wilayah yang ada di Kota Tarakan untuk dievakuasi.

"Langkah pertama dalam situasi kondisi begini, hujan deras, curah hujan tinggi, daerah-daerah yang rawan (longsor) kita minta dievakuasi dulu. Jadi jangan dulu ditempati rumahnya," ujar dr Khairul, Selasa (29/9/2020)

Langkah kedua, pihaknya berencana untuk membuat turap-turap sederhana di lokasi rawan longsor.

"Itu sudah pernah dilakukan dibeberapa tempat dulu dan katanya cukup berhasil. Itu yang saya minta tolong direncanakan secara sistematis, terstruktur dan masif, " juelasnya.

Hutan Lindung Mulai Gundul, Walikota Tarakan Minta DLH Tarakan Koordinasi Dengan DLH Kaltara

Dua ASN di Lingkungan Pemkab Nunukan Positif Covid-19, Sejumlah Pegawai di Rapid Test

Proses Evakuasi Korban Tanah Longsor Tarakan Butuh Waktu 6 Jam, Ini Kesulitannya

Alumni Universitas Hasanuddin Makassar ini juga mengimbau warga untuk tidak membangun bangunan di daerah-daerah yang memiliki kemiringan di atas 30 drajat.

"Kondisi cuacanya begini, kita sarankan untuk mengungsi dulu sampai nanti betul-betul kondisinya membaik lagi," terangnya.

Pria kelahiran 1964 ini juga mengatakan penghijauan lahan mesti dilakukan kembali terutama hutan-hutan di daerah miring.

"Tadi malam sudah kita diskusikan bagaimana planingnya untuk mencegah longsor berikutnya. Tapi kan kalau dipakai lagi untuk membangun ya nanti akan kejadian (tanah longsor) lagi," tutupnya.

(*)

(Tribunkaltara.com/Risnawati)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved