Breaking News:

Agus Tantomo Diajukan Dilantik Jadi Bupati Berau Gantikan Almarhum Muharram, DPRD Sudah Usulkan

Agus Tantomo diajukan dilantik jadi Bupati Berau gantikan Almarhum Muharram, DPRD sudah usulkan.

TRIBUNKALTARA.COM/IKBAL NURKARIM
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau, Madri Pani mengemukakan DPRD telah mengajukan surat usulan pergantian Bupati Berau H Muharram. TRIBUNKALTARA.COM/IKBAL NURKARIM 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG REDEB - Agus Tantomo diajukan dilantik jadi Bupati Berau gantikan Almarhum Muharram, DPRD sudah usulkan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Berau telah mengajukan surat usulan pergantian Bupati Berau H Muharram yang berhalangan tetap atau meninggal dunia.

Ketua DPRD Berau, Madri Pani menyebutkan, setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, sekitar dua minggu lalu telah bersurat ke Gubernur yang selanjutnya diteruskan ke Kemendagri.

Baca juga: Kementrian Pertanian akan Kembangkan Beras Abung dari Lahan Kering Khas Mahulu, Begini Keunggulannya

Baca juga: Tribun FGD Bahas tak Sembarangan Terapkan Relaksasi, Gaungkan 3 M Bersinergi dengan Ekonomi

Baca juga: Pangdam VI/Mulawarman Pimpin Pelaksanaan Serbuan Teritorial untuk Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Artinya, Wakil Bupati Berau H Agus Tantomo yang saat ini masih cuti kampanye Pilkada 2020 bakal dilantik jadi Bupati Berau di sisa masa jabatan hingga pelantikan Bupati Berau berikutnya.

"Hasil rapat yang kami lakukan dan sesuai aturan bahwa bupati jika berhalangan tetap atau meninggal dunia, mengundurkan diri, tersangkut kasus itu diajukan surat pergantian," jelas Madri Pani.

"Kami sudah koordinasi dengan kejaksaan dan lain sebagainya, dan kami ajukan ke Gubernur, kemudian Gubernur akan ajukan ke Kementerian Dalam Negeri. Dalam waktu dekat jika aturannya turun Wakil Bupati akan dilantik setelah itu akan kembali cuti," tuturnya.

Nantinya, kata Madri Pani, Wakil Bupati Agus Tantomo akan langsung menjabat bupati bukan lagi sebagai Pelaksana tugas atau Plt, meski demikian Politisi partai Nasdem itu menegaskan masih menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri terhadap pengusulan tersebut.

Baca juga: Selesai Membaca Draft UU Cipta Kerja, Hotman Paris Ucapkan Selamat Kepada Buruh dan Pekerja

Baca juga: Belum Pasti Efektif, Pakar Epidemiologi Kritisi Niat Pemerintah Beli Vaksin Corona dari China

Baca juga: Pemerintah Siapkan DP Rp 36,7 Triliun, Tiga Menteri Jemput 100 Juta Vaksin Covid-19

"Secepatnya harus dilakukan pelantikan untuk menghindari kekosongan saat tanggal 5 Desember nanti karena jabatan Pjs sudah berakhir," imbuhnya.

"Kalau terkait jadwal pelantikan kami masih menunggu dari Gubernur yang jelas surat telah kami ajukan sekitar 2 minggu lalu, semenjak kami lakukan rapat paripurna pengumuman jika Bupati Berau berhalangan tetap atau meninggal dunia," tuturnya.

Diketahui, Bupati Berau H Muharram meninggal dunia usai menjalani perawatan di RS Pertamina Balikpapan karena terpapar covid-19, pada Selasa (22/9/2020) lalu.

( TribunKaltara.com / Ikbal Nurkarim )

Editor: M Purnomo Susanto
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved