Virus Corona Balikpapan

Honor Hanya Rp 350 Ribu, DPRD Balikpapan Ajukan Kenaikan Upah Petugas Pemulasaran Jenazah Covid-19

Honor hanya Rp 350 ribu, DPRD Balikpapan ajukan kenaikan upah petugas pemulasaran jenazah Covid-19.

TRIBUNKALTARA.COM/DWI ARDIANTO
Pemulasaran Jenazah Covid-19 di TPU Km 15, Balikpapan. TRIBUNKALTARA.COM/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN- Honor hanya Rp 350 ribu, DPRD Balikpapan ajukan kenaikan upah petugas pemulasaran jenazah Covid-19.

Berjaga non stop 24 jam, menjadi alasan Wakil Rakyat berkeinginan menaikkan upah petugas pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

Para penggali kubur bekerja setiap hari, siang dan malam. Sementara sudah ada 200-an jasad pasien Covid-19 yang terkubur di TPU Km 15 Balikpapan.

Baca juga: Mantan Kepsek SMK Pelita Gamma Penajam Korupsi, Imam Rahardjo : Pihak Sekolah Sangat Terpukul

Baca juga: Terekam CCTV, Ibu dan Anak di Samarinda Kaltim Kompak Mencuri Uang Kotak Amal Masjid At Taqarrub

Baca juga: Polresta Balikpapan Tetapkan 1 Tersangka Balap Liar, Diancam Pidana Penjara 6 Tahun, Ini Kasusnya

"Jika ada yang meninggal dini hari mereka harus segera memakamkannya. Mereka adalah relawan kita," ujar Ketua Pansus Pengawasan Covid-19 DPRD Balikpapan, Syukri Wahid.

Sebagaimana diketahui, honor petugas pemulasaran jenazah Covid-19 berkisar diangka Rp200 - Rp350 ribu per/orang dalam satu kali pemakaman.

Honor ini dirasa kecil, sementara mereka memiliki tugas yang sangat berat, beresiko tinggi, menyita waktu, hingga mempertaruhkan nyawa diri sendiri.

Pun petugas pemulasaran merupakan bagian dari elemen tenaga kesehatan yang bertugas menjadi garda terdepan dalam menangani pandemi.

Sebab itu, nasib dan kelangsungan hidup mereka beserta keluarga juga harus mendapatkan penghargaan yang setimpal. 

"Ya naikkan saja, itu cukup dengan Perwali atau Surat Keputusan (SK)," tegasnya.

Pertimbangan lain yang disebutkan politisi partai PKS itu adalah angka kematian yang masih terus ada setiap harinya di Kota Minyak.

Sedangkan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) semakin hari berkurang. Beberapa faktor salah satunya kelelahan juga mendukung.

Menurutnya, honor yang menjadi item sorotan para anggota Dewan, dapat ditinjau ulang sesuai dengan standart kemanusiaan.

"Ini reward saya harap sesuai standart. Pun berapa besaran kenaikan kami serahkan sepenuhnya kepada pemerintah kota," jelasnya.

Usulan kenaikan honor petugas pemulasaran itu pun telah disampaikan kepada pihak pemerintah kota, khususnya Satgas Covid-19 Balikpapan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved