Breaking News:

Virus Corona

Kabupaten Kutai Timur Jadi Episentrum Penyebaran Covid -19, Satgas Aktifkan Posko Penjagaan

Laman corona.kutaitimurkab.go.id mencatat terjadi penambahan lagi 39 pasien terkonfirmasi positif, sejak Senin (19/10/2020) malam.

TRIBUNKALTIM.CO
Dandim Sangatta Letkol CZI Pabate 

TRIBUNKALTARA.COM, SANGATTA - Semakin hari peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi positif covid -19 semakin tinggi. Laman corona.kutaitimurkab.go.id mencatat terjadi penambahan lagi 39 pasien terkonfirmasi positif, sejak Senin (19/10/2020) malam.

Sementara pasien sembuh hanya berkisar di angka 10 hingga 15 pasien per hari. Pernah terjadi pasien sembuh sekitar 40 orang. Namun, hanya satu atau dua kali saja. “Saat ini, jumlah pasien terkonfirmasi positif sudah mencapai 842 orang, sedangkan pasien sembuh baru 512 orang, Jadi ada 330 pasien terkonfirmasi positif yang sebagian besar melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dan sebagian kecil dirawat di rumah sakit Kudungga Sangatta,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, dr H Bahrani Hasanal, Selasa (20/10/2020).

Sementara angka pasien meninggal sudah 12 orang. Meski mereka yang meninggal umumnya memiliki penyakit penyerta.

Terpisah, tim Satgas percepatan penanggulangan penyebaran covid-19 Kabupaten Kutai Timur, Dandim 0909 Sangatta, Letkol CZI Pabate mengaku mengkhawatirkan peningkatan kasus covid-19 di Kutim yang terus meningkat secara signifikan. Bahkan, kalau ditarik dua minggu ke belakang, peningkatannya antara 15-56 orang.

“Episentrum penyebaran covid-19 ada di Sangatta Utara yang dihuni separuh dari jumlah penduduk Kutai Timur. Saat ini sudah 564 orang terkonfirmasi positif adalah penduduk Sangatta Utara atau sudah 2/3 dari total terkonfirmasi,” ungkap Dandim Pabate.

Beranjak dari hal tersebut, kata Pabate, Satgas akan mengambil beberapa tindakan penting. Yakni, menyiapkan tempat karantina bagi Orang Tanpa Gejala (OTG), mengaktifkan kembali posko penjagaan di Km 3 Jalan Poros Bontang Sangatta, untuk memantau pelaku perjalanan dan penegakan protokol kesehatan serta terus mengaktifkan patroli penegakan kesehatan dengan penerapan Perbup.

Lima Penambang Asal Sulsel Ditemukan Tewas di Tambang Emas Sekatak, Ini Identitasnya

Kabupaten Nunukan Zero Pasien Covid-19, Jubir Satgas Covid-19 Aris Sebut Antisipasi Transmisi Lokal

Hari Ini Pembangunan Jembatan Penghubung Warga Kecamatan Tarakan Utara dan Barat Rampung Dikerjakan

“Semoga Kutai Timur segera terlepas dari predikat zona merah,” ujarnya.

Ia juga mengimbau masyarakat agar menegakkan dan mendisiplinkan diri untuk melaksanakan protokol kesehatan, yakni dengan cara selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. “Mari kita mengkampanyekan kepada orang lain untuk mematuhi protokol kesehatan, supaya kita semua memahami dan menyadarinya dengan baik,” ujar Pabate.

(*)

Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved