Breaking News:

Pilkada Malinau

Tak Hanya Malinau, Ternyata Bawaslu RI Temukan 33 Ribu TPS di Indonesia Berada di Wilayah Blankspot

Tak hanya Malinau, ternyata Bawaslu RI temukan 33 ribu TPS di Indonesia berada di wilayah blankspot.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Anggota Bawaslu RI Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Seusai menghadiri Rapat Pengarahan untuk Jajaran Pengawas Bawaslu Malinau di Aula Laga Feratu Kantor Bupati, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. ( TribunKaltara.com / Mohammad Supri ) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Tak hanya Malinau, ternyata Bawaslu RI temukan 33 ribu TPS di Indonesia berada di wilayah blankspot.

Hasil pendataan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia ( Bawaslu RI ) terdapat sekira 33.412 TPS di Indonesia yang tidak tersedia akses internet.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Malinau Donny mengatakan sekira 39 persen TPS di seluruh Kabupaten Malinau tidak tersedia akses internet.

Baca juga: Kadistan Malinau Afri ST Padan Sebut Bisa Bersaing di Pasar, Latih Petani Tingkatkan Mutu Biji Kopi

Baca juga: Jadwal Indonesian Idol 2021, Live Streaming RCTI Plus Daniel Mananta Tampil Bareng Boy William Lagi?

Baca juga: Mendadak Ketua KPK Firli Bahuri Singgung Buku How Democracies Die yang diunggah Anies Baswedan

Hal tersebut menjadi kendala pihaknya untuk menjalankan fungsi dan mengirimkan laporan pengawasan jelang hari pemungutan suara 9 September mendatang.

Anggota Bawaslu RI Divisi Pengawasan dan Sosialisasi, Mochammad Afifuddin mengatakan hal serupa dialami penyelenggara Pilkada di 33 ribu TPS di seluruh wilayah Indonesia, Selasa (24/11/2020).

Demikian halnya untuk pasokan listrik, 4.423 TPS di seluruh Indonesia tidak tersedia aliran listrik.

Afifuddin mengatakan, sama halnya dengan kendala yang dihadapi penyelenggara Pilkada di Malinau, laporan pengawasan akan terkendala di TPS wilayah blankspot.

"Temuan kami, di Indonesia ada banyak TPS yang berada di wilayah blankspot. Setidaknya ada 33 ribu TPS tidak ada jaringan internet, 4 ribu TPS tanpa listrik," ungkapnya.

Menurut Afifuddin, laporan yang diterima pihaknya, ketersediaan internet maupun listrik terkendala di sejumlah wilayah, khususnya di Kalimantan dan Papua.

Bawaslu RI telah berkoordinasi dengan Bawaslu provinsi serta kabupaten/kota untuk mempersiapkan langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kita sudah koordinasikan strategi dan langkah yang bisa diambil bagi jajaran Bawaslu kabupaten/kota. Ini juga yang jadi fokus kunjungan kita ke Malinau," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved