Breaking News:

Pilkada 2020, Catatan Mahfud MD Ada 1.520 Pelanggaran, 16 Kasus Masuk Ranah Pidana, Begini Faktanya

Pemerintah akan menyelenggarakan pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020. setidaknya terdapat 1.520 kasus pelanggaran kampanye Pilkada 2020

Editor: Ade Mayasanto
Tribunnews/Irwan Rismawan
Menkopolhukam, Mahfud MD (tengah) bersama Kepala BNPB, Doni Monardo (kanan) saat tiba untuk menghadiri acara zikir dan doa bersama di Masjid Agung Natuna, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/2/2020). Zikir dan doa bersama yang bertemakan 'Dari Natuna Selamatkan Indonesia' ditujukan untuk keselamatan dan kesehatan warga Indonesia dari wabah virus corona. 

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA - Pemerintah akan menyelenggarakan pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020. Catatan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, setidaknya terdapat 1.520 kasus pelanggaran kampanye Pilkada 2020 di seluruh Indonesia.

Mahfud MD menyebut jumlah pelanggaran sebesar 2,2 persen dari total 75 ribu kegiatan.

Mantan Ketua MK itu mengungkapkan pelanggaran yang terjadi masih dalam skala kecil dan tidak menimbulkan klaster baru Covid -19.

"Semuanya berjalan dengan baik, pelanggaran yang kecil-kecil sudah diperingatkan.  Ada yang sampai masuk ke ranah pidana, sebanyak 16 kasus," ungkap Mahfud MD dalam keterangan pers tertulisnya, Sabtu (5/12/2020), dilansir Setkab.go.id.

"Karena sesudah diperingatkan masih melanggar lagi, peringatan ke-2 masih melanggar lagi, akhirnya masuk ke pidana," lanjut Mahfud MD.

Sebanyak16 kasus tersebut, kata Mahfud MD, bukanlah hal besar tetapi sehingga tidak pernah menjadi perhatian publik.

Adapun diketahui hari ini, Sabtu (5/12/2020) merupakan hari terakhir kampanye.

Mahfud MD berharap di hari terakhir masa kampanye, para tim dan paslon tetap menjaga tata tertib serta memperhatikan protokol kesehatan.

"Biasanya di hari terakhir emosi ditumpahkan sekaligus. Lalu bikin kerumunan dan sebagainya. Tolong dijaga," tegasnya.

Ia pun meminta para tim dan paslon untuk menutup masa kampanye dengan citra yang baik.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved