Breaking News:

Dinkes Kaltara Inisiasi Pembentukan TP-KJM di Malinau, Fokus Tangani Orang Gangguan Kejiwaan

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menggelar sosialisasi kesehatan jiwa masyarakat bagi pimpinan OPD, Pemuka adat dan agama di malinau.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Malinau, Edy Marwan menghadiri Sosialisasi dan Pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TP-KJM) dari Dinkes P2P Kaltara untuk Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (23/12/2020). (TribunKaltara.com/Mohammad Supri) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara ( Kaltara ) menggelar sosialisasi kesehatan jiwa masyarakat bagi pimpinan OPD, Pemuka adat dan agama di Kabupaten Malinau .

Melalui kegiatan tersebut, juga akan diinisiasi pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat ( TP-KJM ) di Kabupaten Malinau .

Sasaran pembentukan TP-KJM di Malinau bertujuan untuk membentuk unit kerja yang dimaksimalkan untuk pencegahan gangguan jiwa dan penanganan orang dengan gangguan kejiwaan ( ODGJ ).

Baca juga: Geliat Seniman Daerah di Kabupaten Malinau, Melestarikan Budaya Melalui Seni Tradisional Daerah

Baca juga: UPDATE Tambah 9 Kasus Covid-19 di Malinau, Total 220 Orang, Ada Kabar Baik Kondisi 6 Pasien

Baca juga: Pasien Covid-19 di Malinau Curhat Diperlakukan Tak Manusiawi, Begini Reaksi Himpsi Kaltara

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kalimantan Utara ( Dinkes Kaltara ), Agust Suwandy melalui Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan kesehatan Jiwa, Dinkes Kaltara , Zakiyah Machluddin .

Menurutnya, masyarakat perlu mengetahui gejala gangguan kejiwaan, cara penanganan dan pencegahannya.

"Masyarakat juga harus memahami beberapa jenis gangguan kejiwaan. Utamanya berkaitan faktor penyebabnya, dan cara mengatasinya," ujar Zakiyah Machluddin kepada TribunKaltara.com, Rabu (23/12/2020).

Sebagai contoh kata Zakiyah Machluddin menyebut ODGJ dengan sebutan orang gila merupakan pernyataan yang secara tidak langsung menyudutkan ODGJ.

Kehadiran Unit Kerja TP-KJM di tingkat kabupaten/kota di Kaltara dalam rangka penanganan dan pencegahan gangguan kejiwaan dan kesehatan mental masyarakat, khususnya dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

"TP-KJM dibentuk di Kabupaten Malinau dalam rangka mencegah dan menangani gangguan kejiwaan. Selain itu juga untuk mengedukasi, agar masyarakat paham apa yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan mental," ucapnya.

Rapat tersebut dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupatren Malinau , Edy Marwan .

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved