Breaking News:

Virus Corona Malinau

Dinkes P2KB Malinau Akan Bentuk Pokja KIPI, John Felix: Antisipasi Kejadian Pasca Vaksinasi Corona

Dinkes P2KB Malinau akan bentuk Pokja KIPI, John Felix: Antisipasi kejadian pasca vaksinasi Corona.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malinau, John Felix Rundupadang saat ditemui di Kantor Bupati Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (7/1/2021). (TribunKaltara.com/Mohammad Supri) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Dinkes P2KB Malinau akan bentuk Pokja KIPI, John Felix: Antisipasi kejadian pasca vaksinasi Corona.

Saat ini vaksin Covid-19 telah tiba di Ibu kota Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), dan menunggu ijin untuk diedarkan ke kabupaten/kota di Kaltara.

Di Kabupaten Malinau, sebanyak 1.332 tenaga kesehatan (Nakes) terdata sebagai penerima vaksin Covid-19 Sinovac.

Baca juga: Institusi Idham Azis Buka Penerimaan Perwira Polri Sumber Sarjana, Cek Syarat & Jurusan yang Dicari

Baca juga: Tutup Karena Kurang Dana, Kadinkes Bulungan Imam Sujono: Besok Fasilitas Karantina Dibuka Kembali

Baca juga: Update Tambah 25, Kasus Covid-19 Nunukan jadi 683, 498 Pasien Dirawat dan Daerah Masuk Zona Merah

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Dinas Kesehatan P2KB Malinau, John Felix Rundupadang menjelaskan pentingnya persiapan sebelum vaksinasi diberikan.

Menurut John Felix, selain pembekalan petugas vaksinasi, pihaknya akan membentuk Kelompok kerja (Pokja) kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

"Langkah persiapan kita, pembekalan vaksinator dan membentuk Pokja terhadap kejadian ikutan pasca imunisasi, atau biasa kita sebut KIPI," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Kamis (7/1/2021).

Hal tersebut menurutnya penting sebagai langkah persiapan dan penyesuaian terhadap kejadian setelah vaksinasi dilakukan.

Menurut John Felix, Pokja KIPI tidak hanya dibentuk untuk vaksinasi Covid-19, juga terhadap seluruh kejadian setelah imunisasi.

Di Kabupaten Malinau, Pokja KIPI belum dibentuk. Karena itu, John Felix mengatakan pihaknya akan membentuk Pokja tersebut khusus persiapan vaksinasi Covid-19.

"Pokja KIPI sebenarnya dibentuk tidak hanya untuk persiapan vaksinasi Covid-19, tapi untuk semua jenis imunisasi. Tapi saat ini kita bentuk khusus untuk persiapan vaksinasi Covid-19," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved