Breaking News:

Virus Corona Malinau

Karyawan Perusahaan Tambang Terinfeksi Covid-19, Dinas Kesehatan Malinau Tunggu 35 Spesimen Swab

Pada 7 Februari lalu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mencatat 35 tambahan kasus baru di Kabupaten Malinau.

TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malinau, John Felix Rundupadang saat divaksin Covid-19 di RSUD Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa lalu (9/2/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Pada 7 Februari lalu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Utara ( Kaltara ) mencatat 35 tambahan kasus baru di Kabupaten Malinau.

Penambahan 35 kasus positif Covid-19 tersebut berasal dari karyawan perusahaan pertambangan yang beroperasi di Kabupaten Malinau.

Keesokan harinya, Senin (8/2/2021) Satgas Penanganan Covid-19 Kaltara kembali mencatat 45 tambahan kasus yang 12 diantaranya merupakan klaster pertambangan.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malinau, (Dinkes P2KB Malinau), John Felix Rundupadang membenarkan hal tersebut.

"Asalnya bukan langsung dari perusahaan tapi pengembangan kasus transmisi lokal di wilayah kerjanya," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Sabtu (13/2/2021).

John Felix Rundupadang menjelaskan, pihaknya mencatat saat ini terdapat 52 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari kasus tersebut.

Ratusan Tenaga Kesehatan RSUD Malinau Disuntik Vaksin Sinovac, Tahap Pertama Bagi Bidang Pelayanan

Imbas Sungai Malinau Tercemar, Sebagian Permukiman Belum Mendapat Pasokan Air Bersih, Ini Sebabnya

Polisi Bidik Barang Bukti PT KPUC, Imbas Sungai Malinau Tercemar hingga Rugikan Masyarakat

Menurutnya, klaster tersebut berasal dari kasus transmisi lokal di daerah, kemudian menular ke karyawan yang bekerja di 4 perusahaan pertambangan di Malinau.

"Ini kasus transmisi lokal dari karyawan di daerah, bukan kasus impor atau yang dibawa perusahaan dari luar masuk ke Malinau," ungkapnya.

Dinkes P2KB telah menggelar pertemuan dengan perwakilan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Malinau terkait upaya pencegahan penambahan kasus.

Menurut, John Felix Rundupadang pihaknya masih menunggu hasil tes 35 spesimen swab karyawan perusahaan pertambangan.

Halaman
123
Penulis: Mohamad Supri
Editor: Amiruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved