Breaking News:

Berita Internasional Terkini

Pesawat Militer Nigeria Jatuh saat Hendak Selamatkan Anak-anak Sekolah dari Tawanan Bandit

Pesawat Angkatan Udara Nigeria jatuh di dekat ibu kota Abuja pada Minggu (21/2/2021). Pesawat tersebut sedang dalam misi penyelamatan tawanan bandit.

Editor: Sumarsono
AFP
Lokasi kecelakaan pesawat militer Nigeria yang jatuh di landasan pacu bandara dekat ibu kota Nigeria, Abuja, pada Minggu (21/2/2021). Sebuah pesawat militer Nigeria Beechraft KingAir B350 jatuh menewaskan tujuh personel di dalamnya saat kembali ke Bandara Abuja. (AFP/KOLA SULAIMON) 

TRIBUNKALTARA.COM, ABUJA  - Pesawat Angkatan Udara Nigeria jatuh di dekat ibu kota Abuja pada Minggu (21/2/2021). Pesawat tersebut  sedang dalam misi penyelamatan.

Juru bicara AU Nigeria mengatakan, pesawat jatuh itu menewaskan semua 7 orang di dalamnya.

Melansir pemberitaan AFP, pesawat militer Nigeria jatuh itu hendak menyelamatkan puluhan orang yang diculik pada Rabu (17/2/2021) dari sebuah sekolah di dekat negara bagian Niger.

Baca juga: Terkuak Fakta Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Tidak Meledak di Udara, KNKT Beberkan Temuan

Baca juga: Insiden Tragis Pesawat Jatuh, Presiden dan 4 Pemain Palmas FR Klub Liga Brasil Tewas

Warga lokal menyebut para penculik bersenjata itu sebagai bandit.

Dalam aksi penculikan terbarunya, bandit membunuh seorang anak sekolah dan menangkap 42 orang, termasuk 27 murid, 3 guru, serta kerabat staf sekolah.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari lalu memerintahkan pasukan keamanan untuk membebaskan para korban penculikan.

Kru pesawat Sriwijaya Air melakukan tabur bunga di lokasi yang diduga area jatuhnya Sriwijaya Air 182. (Tribunnews.com/Jeprima)
Kru pesawat Sriwijaya Air melakukan tabur bunga di lokasi yang diduga area jatuhnya Sriwijaya Air 182. (Tribunnews.com/Jeprima) (Tribunnews.com/Jeprima)

Tentara serta polisi pun mengatakan, mereka sedang melacak keberadaan bandit tersebut.

Hingga berita ini diunggah penyebab pesawat militer Nigeria masih belum diketahui, tetapi para pihak berwenang mengatakan bahwa pilot sempat melaporkan kerusakan mesin.

Pesawat Beechraft KingAir B350i Angkatan Udara Nigeria (NAF) jatuh saat kembali ke Bandara Abuja usai melaporkan kerusakan mesin, menurut keterangan jubir AU Ibikunle Daramola.

"Sayangnya semua 7 personel di dalamnya tewas dalam kecelakaan itu," tambahnya dikutip dari AFP.

Baca juga: Hasil Survei: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Anies & Ganjar Bersaing, Militer-Sipil Paling Disukai

Video yang diunggah ke media sosial menunjukkan water cannon dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi jatuhnya pesawat militer Nigeria, dan banyak orang berkerumun menonton di sekitarnya.

Penyelidikan sedang dilakukan AU Nigeria untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat militer itu.

"Kita harus tetap tenang dan menunggu hasil investigasi militer," tulis Menteri Penerbangan Nigeria Sirika Hadi di Twitter. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesawat Militer Nigeria yang Jatuh Hendak Selamatkan Tawanan Bandit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2021/02/22/105251070/pesawat-militer-nigeria-yang-jatuh-hendak-selamatkan-tawanan-bandit?page=all#page2

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved