Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Begini Penjelasan IDI Perihal Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia dan Cara Daftar untuk Kalimantan Utara

Mengapa lansia harus mendapat vaksinasi Covid-19? berikut penjelasan IDI dan link daftar vaksinasi bagi lansia Provinsi Kalimantan Utara.

TribunKaltara via TribunJogja/Alexander Ermando
Ilustrasi vaksin Covid-19 

TRIBUNKALTARA.COM – Program vaksinasi Covid-19 sudah memasuki tahap 2 dengan sasaran bagi para lansia dan petugas layanan publik.

Menurut informasi laman resmi Kementrian Kesehatan RI, pemerintah akan memprioritaskan pemberian vaksin bagi lansia di Jawa dan Bali sejumlah 70 persen dari total vaksin.

Sebab, jumlah lansia dari kedua provinsi tersebut terbilang banyak dan merupakan kawasan dengan tingkat resiko penularan paling tinggi alias zona merah.

Pemerintah juga memfokuskan vaksinasi Covid-19 ini  bagi lansia yang berusia diatas 60 tahun yang berada di seluruh wilayah DKI Jakarta dan 33 provinsi lainnya.

Baca juga: Sasaran Vaksinasi Tahap II Capai 116 Ribu Jiwa, Satgas Covid-19 Tarakan Sebut Dosis Vaksin Tak Cukup

Baca juga: 140 Vial Vaksin Sinovac Tiba, Dinas Kesehatan Nunukan Sebut Sasaran Vaksinasi Tahap II 630 Orang

Baca juga: Masyarakat Diperbolehkan Ikut Vaksinasi Mandiri, Ini Syarat dan Jenis Vaksin yang Bisa Digunakan

Meski demikian, pemerintah pada prinsipnya akan tetap memberikan vaksin bagi lansia yang berusia dibawah 60 tahun pada tahap selanjutnya.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari dikeluarkannya izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) ddari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap vaksin CoronaVac produksi Sinovac.

Lalu mengapa lansia perlu mendapatkan vaksinasi Covid-19?

Menanggappi pertanyaan tersebut Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization, Prof DR Dr Sri Rezeki Syaraswati Hadinegoro, SpA(K) dalam unggahan Instagram Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyampaikan jawabannya.

Sebanyak 3.640 vial vaksin Sinovac tiba di Pos Lintas Batas Laut (PLBL) Liem Jie Djung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Kamis (28/01/2021), pukul 15.00 Wita. TRIBUNKALTARA.COM/ Febrianus Felis.
Sebanyak 3.640 vial vaksin Sinovac tiba di Pos Lintas Batas Laut (PLBL) Liem Jie Djung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Kamis (28/01/2021), pukul 15.00 Wita. TRIBUNKALTARA.COM/ Febrianus Felis. (TRIBUNKALTARA.COM/FELIS)

Postingan tersebut diunggah IDI pada Selasa (2/3/2021).

Dalam unggahan itu, Sri Rezeki menyebut urgensi vaksinasi bagi kelompok lansia merupakan upaya pemerintah dalam mencegah timbulnya penyakit.

Halaman
12
Penulis: Titik Wahyuningsih
Editor: Amiruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved