Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Antisipasi Corona Varian Baru Asal Inggris B117, Satgas Covid Nunukan Perketat Skrining Pintu Masuk

Antisipasi virus Corona varian baru asal Inggris B117, Satgas Covid-19 Nunukan memperketat skrining (pemeriksaan) di pintu masuk perbatasan.

TRIBUNKALTARA.COM/FELIS
Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Nunukan, Aris Suyono. TRIBUNKALTARA.COM/ Febrianus Felis 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Antisipasi virus Corona varian baru asal Inggris B117, Satgas Covid-19 Nunukan memperketat skrining (pemeriksaan) di pintu masuk perbatasan.

Belum lama ini tanah air dihebohkan dengan temuan dua kasus pertama varian baru Corona B117.

Bagaimana tidak, sudah setahun strain asli Sars-CoV2 (Covid-19) asal Wuhan, China merebak di Indonesia, kini muncul yang baru mutasi B117 asal Inggris di Indonesia.

Baca juga: Tak Lama lagi Nunukan Punya Mesin ADM, Mengurus Dokumen Kependudukan seperti ke ATM Bank

Baca juga: Syarat Terbaru Dapatkan Subsidi Gas Elpiji 3 Kg di Nunukan, Tak Cukup Pakai Kartu Keluarga

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Nunukan Jumat 5 Maret 2021, BMKG Keluarkan Peringatan Dini 8 Wilayah

Informasi yang dihimpun, dua kasus tersebut ditemukan pada 2 TKW asal Karawang, Jawa Barat, yang baru datang dari Arab Saudi pada Januari 2021 lalu.

Bahkan, dikabarkan mutasi Corona B117 dapat menular 70% lebih cepat dibandingkan strain asli Sars-CoV2 (Covid-19).

Mendengar itu, Kepala Seksi Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Nunukan, Aris Suyono, mengatakan tak ada antisipasi khusus yang dilakukan pihaknya terkait adanya temuan kasus akibat virus asal Inggris itu.

Pasalnya, sesuai informasi yang ia dapatkan, Corona B117 memiliki gejala dan cara penularan yang mirip dengan virus asal Wuhan, Covid-19 itu.

"Dari informasi yang kami dapatkan varian baru itu, hampir sama cara penularan dan gejalanya. Hanya saja tingkat penularannya lebih cepat Corona B117 dibanding Covid-19.

Dan memang belum ada penelitian resmi terkait Corona B117 itu. Jadi tidak ada antisipasi khusus, apa yang kami tekankan selama ini soal protokol kesehatan Covid-19, ya itulah yang dijalankan," kata Aris Suyono kepada TribunKaltara.com, Jumat (05/03/2021), pukul 11.30 Wita.

Menurut Jubir Satgas Covid-19 Nunukan itu, Kementerian Kesehatan RI telah mengimbau strategi yang perlu diperkuat yaitu perketat skrining pada pintu-pintu masuk pelabuhan resmi.

Halaman
12
Penulis: Febrianus Felis
Editor: M Purnomo Susanto
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved