Berita Papua Terkini

Anggota KKB Papua Dibekuk TNI-Polri saat Kirim Makanan ke Joni Botak, Pernah Tembaki Mobil Brimob

Pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) di Papua terus diburu TNI-Polri, setelah berhasil menangkap anak buah Joni Botak di Mimika, Papua.

Kolase TribunKaltara.com / KOMPAS.com/IRSUL PANCA ADITRA dan Facebook TPNPB
ILUSTRASI TNI dan KKB Papua. (Kolase TribunKaltara.com / KOMPAS.com/IRSUL PANCA ADITRA dan Facebook TPNPB) 

TRIBUNKALTARA.COM - Pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB) di Papua terus diburu TNI-Polri, setelah berhasil menangkap anak buah Joni Botak di Mimika, Papua.

Anggota KKB anak buah Joni Botak itu teridentifikasi bernama Ter Jangkup yang ditangkap saat berupaya mengirimkan makanan kepada para kelompok pemberontak.

Saat tertangkap, Ter Jangkup berada di dalam mobil rental yang digunakan untuk menyalurkan makanan ke KKB Papua pimpinan Joni Botak.

Diketahui Joni Botak merupakan pimpinan KKB Kodap III di wilayah Kali Kopi, Mimika, Papua.

Sejatinya pergerakan para pemasok makanan ke KKB kelompok Joni Botak itu sudah terdeteksi TNI Polri setelah kontak senjata yang terjadi di hutan Mile 53 area PT Freeport Indonesia pada 28 Februari 2021.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Era Adhinata mengatakan, personel KKB Papua anak buah Joni Botak itu terjadi pada Sabtu (13/3/2021).

Mulanya TNI-Polri mencurigai sebuah mobil Avanza putih dengan nomor polisi PA 1629 MM melaju kencang ke arah PT PAL di Jalan Trans Papua Timika-Nabire, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika.

Baca juga: Persempit Gerakan KKB, TNI Kerahkan Pasukan Kostrad Kalajengking Hitam ke Papua

Saat dihentikan, terdapat empat orang di dalam mobil rental yang disewa untuk membawa bahan makanan tersebut.

Terbukti, satu dari empat orang itu ternyata anggota KKB bernama Ter Jangkup.

Sedangkan tiga orang lain bukan anggota KKB.

"Dari hasil pemeriksaan tiga orang tidak terbukti terlibat.

Mobil yang digunakan untuk angkut bahan makanan mobil rental," kata Era saat menggelar konferensi pers, Rabu (17/3/2021).

Konferensi pers itu juga diikuti Dandim Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya, Danlanud Letkol Pnb Surono, dan Danlanal Letkol (P) Laut Deni Indra.

Kemudian polisi menyita beberapa ponsel yang berisi foto anggota KKB mengangkat senjata api laras panjang dari tangan Ter Jangkup.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved