Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Jam di Masjid Malinau Disetel Seragam, Kepala Kemenag Sebut Biar Waktu Buka Puasa Bisa Bersamaan

Waktu berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau H Ishak saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/4/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Waktu berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Untuk menyeragamkan jadwal berbuka puasa di seluruh wilayah, Kemenag Malinau merilis jadwal imsakiyah untuk daerah kabupaten Malinau.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau, H Ishak mengatakan waktu berbuka puasa diupayakan seragam di seluruh wilayah Kabupaten Malinau.

Baca juga: Mau Daftar Bintara dan Tamtama, Begini Caranya, Dandim 0914 Tana Tidung Tegaskan Tak Dipungut Biaya

"Diupayakan semua wilayah Malinau, jam di masjid disetel supaya seragam. Tergantung pengurus masjid, jadwal Imsakiyah juga sudah kita bagikan," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Kamis (15/4/2021).

Sebelumnya hal tersebut telah dibicarakan bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Malinau, takmir masjid dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenai waktu berbuka.

Ishak mengatakan sejak 1 Ramadan 1442 hijriah lalu, pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan lembaga penyiaran publik, Stasiun Radio Republik Indonesia Kabupaten Malinau (RRI Malinau).

Baca juga: Peredaran Narkoba Libatkan Warga Binaan, Kalapas Tarakan Ngaku Sulit Mengawasi, Ini Alasannya

"Kemarin sudah kami rapatkan bersama seluruh stakeholder. Ada juga program jelang berbuka namanya Mutiara Ramadan, bekerjasama dengan RRI Malinau," ucapnya.

Tiap sore hari selama Ramadan 2021, umumnya masyarakat muslim di Kabupaten Malinau berbuka puasa berdasarkan pengumuman berbuka di masjid.

Baca juga: Vaksinasi Lansia di Kota Tarakan Dibuka, Begini Cara Daftarnya, Ada Dua Kategori Lansia Divaksin

Selain pengumuman melalui pengeras suara di masjid, sebagian daerah juga mengandalkan pengumuman berbuka melalui siaran stasiun radio.

1 hingga 4 Ramadan 1442 hijriah, waktu berbuka puasa di Kabupaten Malinau berdasarkan jadwal Imsakiyah Kemenag malinau adalah pada pukul 18:23 Wita.

"Mayoritas muslim di Malinau berbuka berdasarkan pengumuman dari masjid, selain itu melalui siaran radio. Lewat program ini harapnnya waktu berbuka jadi seragam," katanya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Penulis: Mohamad Supri
Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved