Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dunia, 16 Gubernur Raih Penghargaan K3 Terbaik dari Kemnaker

Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja dunia, 16 Gubernur raih penghargaan K3 dari Kemnaker, termasuk Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Kolase TribunKaltara.com / KOMPAS.COM
Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. (Kolase TribunKaltara.com / KOMPAS.COM) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peringati Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja dunia, 16 Gubernur raih penghargaan K3 terbaik dari Kemnaker, termasuk Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Kementerian Ketenagakerjaan memberikan penghargaan kepada 16 gubernur sebagai pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terbaik, di Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Menaker Ida Fauziah mengatakan pemberian penghargaan K3 merupakan salah satu upaya penting karena sampai saat ini masih banyak ketidakpatuhan terhadap norma K3.

Akibatnya mendorong terjadinya kasus kecelakaan kerja (KK) dan penyakit akibat kerja (PAK).

Baca juga: Peringati Bulan K3 BPJamsostek Tarakan Berikan Bantuan Corona Safety Kit

"Proses pengawasan K3 yang menjadi tanggung jawab negara adalah upaya menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban bagi pengusaha dan pekerja," kata Ida di acara penganugerahan penghargaan K3 di Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Adapaun Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo termasuk dalam 16 Gubernur yang meraih penghargaan K3 terbaik tahun ini.

Selain Gubernur Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah, Kemnaker juga memberikan penghargaan K3 terbaik kepada gubernur sebagai berikut;

Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sumatera Utara. Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Banten, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Riau

Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Bali, Gubernur DI Yogyakarta, Gubernur Lampung, Gubernur Jambi, serta Gubernur Sulawesi Tenggara.

Penghargaan juga diberikan kepada 1.342 perusahaan penghargaan kecelakaan nihil (zero accident).

Penghargaan program P2HIV-AIDS juga diberikan kepada sebanyak 191 perusahaan, penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3) diberikan kepada 1.616 perusahaan, dan penghargaan pencegahan penanggulangan Covid-19 (P2 Covid-19) kepada 512 perusahaan.

Ida mengatakan penghargaan K3 bertujuan memotivasi pemerintah daerah perusahaan, dan pekerja untuk mengimplementasikan K3 dengan lebih baik.

"ini merupakan upaya dalam peningkatan pengawasan K3 di lingkungan kerja melalui langkah-langkah pencegahan, pemberian saran atau pembinaan dan deteksi dini serta penegakan hukum terhadap pelanggaran peraturan perundang- undangan K3," kata Menaker Ida.

(*)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved