Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Kabupaten Nunukan di Zona Oranye, Disdikbud Tidak Laksanakan Upacara Hardiknas: Hanya Lakukan Ini 

Setiap tanggal 2 Mei, Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional atau disingkat dengan Hardiknas.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ YouTube Kemendikbudristek RI
Pelaksanaan upacara bendera peringatan Hardiknas 2021 disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kemendikbudristek RI, Minggu (02/05/2021), pukul 09.00 Wita 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Setiap tanggal 2 Mei, Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional atau disingkat dengan Hardiknas.

Tahun ini, Hardiknas jatuh pada Minggu (02/05/2021). Namun situasinya masih di tengah pandemi Covid-19, sama seperti tahun lalu.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek)  RI melalui Surat Edaran (SE) nomor 27664/MPK.A/TU.02.03/2021, yang dikeluarkan pada 26 April lalu, menyampaikan sejumlah imbauannya terkait peringatan Hardiknas 2021.

Baca juga: Cuaca Kabupaten Malinau Minggu 2 Mei 2021, BMKG: Siang Ini Berpotensi Hujan Ringan

Pertama, Kemendikbudristek akan menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hardiknas 2021 secara tatap muka, terbatas juga minimalis, dan menerapkan protokol kesehatan pada Minggu (02/05/2021), pukul 08.00 WIB.

Untuk segenap instansi dan satuan pendidikan baik di pusat, luar negeri, maupun daerah, khususnya yang berada dalam wilayah zona hijau dan kuning, diperkenankan untuk menyelenggarakan upacara bendera secara tatap muka, terbatas dan minimalis, dengan protokol kesehatan.

Sementara, untuk instansi dan satuan pendidikan berada di zona merah atau oranye, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara peringatan secara daring melalui kanal YouTube Kemendikbud RI atau saluran TV Edukasi dari rumah masing-masing.

Mengingat hal itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas), Dinas Pendidikan Nunukan, Widodo mengatakan, upacara bendera peringatan Hardiknas 2021 di Nunukan tidak ada.

Hal itu disebabkan, hingga Minggu ke-17 Kabupaten Nunukan masih bertahan di zona risiko sedang (oranye).

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Nunukan Minggu 2 Mei 2021, BMKG Prediksi 8 Wilayah Ini  Hujan Ringan

"Untuk upacara bendera kami ikuti secara virtual melalui kanal YouTube Kemendikbud RI. Karena Nunukan masih zona oranye," kata Widodo kepada TribunKaltara.com, pukul 08.00 Wita.

Informasi yang dihimpun, upacara bendera peringatan Hardiknas 2021 akan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kemendikbud RI, pukul 08.00 WIB atau 09.00 Wita.

Baca juga: Seorang Warga Hilang Kontak saat Tumpangi Speedboat 40 PK dari Tanjung Selor ke Tarakan

Tak hanya itu, Widodo mengaku, kegiatan untuk memeriahkan peringatan Hardiknas di Nunukan tahun ini juga diselenggarakan secara virtual.

"Untuk aktivitas memeriahkan Hardiknas, kami serahkan kepada masing-masing satuan pendidikan untuk membuat kegiatan, tapi dilaksanakan secara Daring," ucapnya.

Hingga berita ini diturunkan, upacara bendera peringatan Hardiknas 2021 melalui kanal YouTube Kemendikbudristek RI baru saja dimulai.

(*)
Penulis: Febrianus felis

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved