Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Peringatan Hardiknas, PGRI Malinau Minta Guru Ditambah dan Kesejahteraan Guru Honorer Diperhatikan

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 di Kabupaten Malinah diikuti tenaga pendidik dan kependidikan dari 6 kecamtan di Kabupaten Malina

TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Ilustrasi, Seorang guru sedang mengajar tatap muka di sebuah satuan pendidikan jenjang SD di Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 di Kabupaten Malinah diikuti tenaga pendidik dan kependidikan dari 6 kecamtan di Kabupaten Malinau.

Melalui peringatan Hardiknas 2021, mutu pendidikan di Kabupaten Malinau diharapkan dapat memacu indeks pembangunan manusia di Malinau.

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Malinau berharap pemerintah dapat mengalokasi tenaga pendidik tambahan di Kabupaten Malinau.

Karena, rasio tenaga pendidik dan peserta didik di Kabupaten Malinau dinilai masih kurang.

Sekretaris PGRI Malinau, Daud Impung menjelaskan terdapat sekira 4 ribu guru yang terdata di seluruh Kabupaten Malinau.

Baca juga: Disnaker Kota Tarakan Buka Posko Pengaduan, Budiono Ingatkan Perusahaan, THR Tidak Boleh Dicicil

"Saat ini yang paling dibutuhkan adalah SDM. Malinau masih butuh tambahan Guru. Jangankan di daerah pinggiran, di Kota juga demikian, masih kurang," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Senin (3/5/2021).

Menurutnya, untuk menangani persoalan tersebut, rata-rata guru di satuan pendidikan merangkap sebagai pengajar untuk beberapa mata pelajaran tambahan.

Hal yang tak kalah penting menurutnya adalah kesejahteraan guru honorer. Sebab, perannya juga hampir sama dengan guru tetap.

Baca juga: Pernah Jadi Ketua DPRD Tarakan dari PAN, Begini Tanggapan Sabar Santoso Tentang Partai Ummat 

Satuan pendidikan perlu untuk mengatur standarisasi gaji bahi tenaga pendidik honorer.

"Kesejahteraan guru honorer juga penting. Karena yang merekrut adalah satuan pendidikan, menurut saya wajib ada standarisasi gaji," katanya.

Pria yang juga merupakan Kepala Sekolah SMPN 1 Malinau Kota tersebut menilai perlu ada penyelarasan antara gaji Guru Honorer berdasarkan upah minimum kabupaten (UMK).

Baca juga: Ramalan Zodiak Selasa 4 Mei 2021, Apresiasi dan Rasa Syukur Menghampiri Pisces

Gaji guru honorer dialokasikan dari Dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS. Dia berharap, Pemerintah dan satuan pendidikan memberikan upah yang layak untuk guru honorer.

"Melalui peringatan Hardiknas ini, harapan kami kesejahteraan guru honorer dapat diperhatikan. Berikan kesempatan mereka untuk memperoleh upah yang layak," ungkapnya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Penulis: Mohamad Supri
Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved