Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Dilarang Mudik Pemerintah, Gubernur Kaltim Isran Noor Tegaskan Tidak Ada Lockdown

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mendatangi beberapa RT Sigap Covid-19 di Kutai Kartanegara, Kamis (6/5/2021).

Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.CO
Gubernur Kaltim Isran Noor memberikan arahan di Kantor Bupati Kutai Kartanegara, Kamis (6/5/2021). Arahan tersebut untuk membatasi kegiatan penanganan pencegahan Covid-19 pada tanggal 6 sampai 17 Mei, 

TRIBUNKALTARA.COM, SAMARINDA - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mendatangi beberapa RT Sigap Covid-19 di Kutai Kartanegara, Kamis (6/5/2021). Dalam kesempatan tersebut ia juga mengunjungi Kantor Bupati Kutai Kartanegara.

Dalam kesempatan tersebut ia melaksanakan rakor dengan beberapa forkopimda, OPD, Camat dan beberapa struktur di lingkungan Kutai Kartanegara. Ia mengatakan larangan mudik tanggal 6 sampai 17 Mei merupakan kebijakan pemerintah pusat.

Tujuan dari kebijakan tersebut untuk menekan laju penyebaran Covid-19 selama libur Idul Fitri. Namun untuk sistem penyekatan ataupun pelarangan masyarakat menuju antar daerah diserahkan kepada pemerintah masing-masing.

Baca juga: Sekolah di Betayau Gunakan Teknologi Digital, Begini Kata Kadis Pendidikan Tana Tidung Jafar Sidik

Namun kebijakan Isran Noor hanya melakukan penyekatan bagi masyarakat yang ingin mudik. Khusus masyarakat yang memiliki pekerjaan atau kegiatan penting masih bisa melintas di kawasan tersebut.

Untuk itu ia tidak mau membuat kebijakan lockdown lokal. Sebab diyakininya dapat melumpuhkan perekonomian di Kaltim.

"Kali ini maaf Kita mau tidak mau di lockdown dulu 6 sampai 17 Mei. Kita bersilaturahim melalui gadget, gawai melalui hp. Cukuplah kira-kira itu," ucapnya.

Sebelumnya Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengunjungi RT Sigap Covid-19 di Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (6/5/2021). Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Isran Noor mendatangi RT 01 desa Rempanga dan Desa Sumbersari Kecamatan Loa Kulu Kukar.

Baca juga: Pemerintah Larang Mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H, Armada Speedboat Malinau Kota Masih Beroperasi

Sebelum berangkat, Gubernur Kaltim Isran Noor berkoordinasi dengan Pangdam VI Mulawarman Mayjend TNI Heri Wiranto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Nahak di ruang pandurata Kantor Gubernur. Sekitar pukul 10.00 wita rombongan Gubernur, Pangdam dan Kapolda langsung berangkat dari Kota Samarinda.

Meskipun suasana gerimis, kegiatan tetap berlangsung. Lokasi pertama yang didatangi Isran Noor adalah RT 01 desa Rempanga Loa Kulu. Disana disambut masyarakat dan Kades Norsari.

Desa tersebut merupakan salah satu Kampung Tangguh Covid-19. Isran mengapresiasi kinerja seluruh masyarakat dalam melawan Covid-19. "Tetap zero kasus terus jaga zona hijau," kata Isran Noor.

Baca juga: Info Cuaca BMKG Kamis 6 Mei 2021, Seluruh Wilayah di Kalimantan Berpotensi Mengalami Cuaca Ekstrem

Setelah itu Isran Noor mampir ke Desa Sumbersari. Disana disambut Camat Loa Kulu Adriansyah dan Kepala Desa Sutarno. Sekadar informasi desa Sumbersari juga bagian dari desa tangguh Covid-19 khususnya di sektor pangan.

Bahkan selama pandemi Covid-19 masyarakat disana tetap menyuplai bahan pokok seperti beras dan dbahan perkebunan lainnya. "Selama Covid-19 ini desa ini menyuplai beras di Kukar," ucap Sekretaris Daerah Kukar Sunggono yang ikut dalam kunjungan kerja Gubernur.

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved