Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Berstatus Zona Kuning, Salat Ied Berjamaah di Malinau Boleh, Dibatasi 50 Persen Kapasitas Tempat

Berstatus zona kuning, Salat Ied berjamaah di Malinau diperbolehkan, dibatasi 50 persen kapasitas tempat.

TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Ilustrasi - salat Tarawih berjamaah di Masjid Agung Darul Jalal, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu (TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Berstatus zona kuning, Salat Ied berjamaah di Malinau diperbolehkan, dibatasi 50 persen kapasitas tempat.

Salat Idul Fitri 1442 Hijriah disesuaikan berdasarkan status zonasi Covid-19 di wilayah Indonesia.

Hal ini ditetapkan berdasarkan SE Menteri Agama Nomor 7/2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Persiapan PTM Juli, Pemerintah Kucurkan Rp 43 Miliar DAK Fisik, 10 Sekolah di Malinau Proses Rehab

Baca juga: Gelontorkan Dana Rp 43 Miliar, Disdikbud Malinau Renovasi 10 Sekolah, Berikut Daftar Sekolahnya 

Baca juga: Mesin PCR Segera Dioperasikan di Malinau, Kepala Dinkes: Fasilitas Penyimpanan Masih Disiapkan

Rapat bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau memutuskan pelaksanaan Salat Idul Fitri 2021 dapat dilakukan di Masjid atau di lapangan terbuka.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Malinau (MUI Malinau) Edy Marwan mengatakan salat Idul Fitri secara berjamaah menyesuaikan dengan status zonasi wilayah.

"Sama seperti salat Tarawih berjamaah. Boleh tapi dengan protokol kesehatan ketat. Berlaku untuk wilayah aman Covid-19, zona hijau atau zona kuning," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Minggu (9/5/2021).

Saat ini, Kabupaten Malinau digolongkan sebagai wilayah dengan status zona kuning. Sehingga Satgas Penanganan Covid-19 Malinau memutuskan penyelenggaraan Salat Idul Fitri berjamaah dibolehkan.

Seperti halnya pelaksanaan salat Tarawih berjamaah di Masjid, pelaksanaan salat Idul Fitri tidak lebih dari 50 persen dari kapasitas tempat.

"Di Masjid atau lapangan pelaksanaannya tidak lebih dari 50 persen kapasitas. Cukup diatur jarak, sehingga langsung menyesuaikan setengah dari kapasitasnya," ucapnya.

Satgas Penanganan Covid-19 Malinau juga meminta agar bagi mereka yang dalam keadaan sakit, dianjurkan untuk melaksanakan salat Idul Fitri dari rumah.

Halaman
12
Penulis: Mohamad Supri
Editor: M Purnomo Susanto
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved