Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Mesin PCR Segera Dioperasikan di Malinau, Kepala Dinkes: Fasilitas Penyimpanan Masih Disiapkan

Bantuan 1 unit mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) set kini telah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Malinau.

Penulis: Mohamad Supri
Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Malinau, John Felix Rundupadang. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Bantuan 1 unit mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) set kini telah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Malinau.

Sebelumnya, Kepala Satgas Penanganan Covid-19 RI telah menyerahkan bantuan mesin PCR untuk dua kabupaten di Kalimantan Utara, yakni Kabupaten Nunukan dan Malinau.

Bantuan 1 unit Mesin PCR bantuan Satgas Penanganan Covid-RI telah diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau.

Baca juga: Pelaku Perjalanan yang Masuk ke Kabupaten Malinau, Hasil Rapid Antigen Wajib Negatif

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Malinau, John Felix Rundupadang.

"Bantuan mesin PCR sudah diserahterimakan dari provinsi. Saat ini bantuan mesin PCR set tersebut sudah ada di Kantor," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Minggu (9/5/2021).

Sebelumnya, bantuan tersebut dititipkan di Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara karena belum tersedianya fasilitas penyimpanan.

Selain itu, juga dibutuhkan SDM dan tenaga khusus yang akan mengoperasikan peralatan tersebut.

Baca juga: Penumpang Sepi di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan, Tim Gabungan Rutin Patroli, Imbau Warga Tak Mudik

"Fasilitas penyimpanan masih akan dipersiapkan, termasuk SDM yang nantinya ditunjuk untuk mengoperasikan mesin ini. Mudah-mudahan fasilitasnya bisa segera rampung dan alat ini bisa segera kita operasikan," katanya.

John Felix Rundupadang mengatakan mesin PCR tersebut sangat membantu dalam memudahkan kerja-kerja pemeriksaan Covid-19.

Baca juga: Baim Wong Heran Nagita Slavina Cuek dengan Kado-kado Mahal, Sebut Sikap Orang Kaya Memang Beda

Termasuk memangkas waktu tunggu hasil pemeriksaan. Mengingat selama ini, waktu tunggu hasil pemeriksaan Covid-19 memakan waktu karena harus dikirim ke luar daerah.

"Kami sangat berterima kasih dengan adanya bantuan ini. Semoga sesegera mungkin kita operasikan. Jika sudah beroperasi, hasilnya dapat kita ketahui dengan cepat. Sehingga penanganan Covid-19 di Malinau menjadi jauh lebih efisien," ucapnya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved