Berita Nasional Terkini

Prakiraan Cuaca Selasa 18 Mei 2021, BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin di Kalimantan dan Jatim

Prakiraan cuaca hari ini, Selasa 18 Mei 2021, BMKG: Waspada hujan lebat disertai angin dan petir terjadi di 24 wilayah, termasuk Kalimantan dan Jatim.

Editor: Sumarsono
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
iIlustrasi, Hujan di wilayah Malinau Kota pada sore hari, beberapa hari lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM – Prakiraan cuaca hari ini, Selasa 18 Mei 2021, BMKG: Waspada hujan lebat disertai angin dan petir akan terjadi di 24 wilayah di Indonesia, termasuk Kalimantan dan Jatim

Khusus wilayah Kalimantan, beberapa hari terakhir curah hujan cukup lebat dan berlangsung lama

Di beberapa daerah terjadi banjir akibar curah hujan yang tinggi, antara lain, sebagian wilayah Malinau (Kalimantan Utara), Berau (Kalimantan Timur), dan sebagian wilayah Kalimantan Selatan.

Bahkan, pantuan TribunKaltara.com, dua wilayah kecamatan di Malinau tergenang banjir sehingga menyebabkan warga terpaksa harus mengungsi.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Selasa 18 Mei 2021, BMKG Prediksi Makassar Bakal Hujan Ringan, Bandung Cerah Berawan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 27 wilayah Indonesia pada Selasa (18/5/2021).  Dan 24 daerah berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Wilayah yang berpotensi hujan lebar, antara lain Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Sedangkan tiga wilayah lainnya diperkirakan diguyur hujan yang juga disertai petir dan angin kencang.

Seperti yang dikutip dari Bmkg.go.id, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Sumatera Utara hingga Selat Malaka.

Selanjutnya, dari perairan barat Sumatera Barat hingga Sumatera Utara, dari Riau hingga perairan timur Semenanjung Malaysia, dari Selat Makassar hingga Kalimantan Selatan, dari Kalimantan Timur hingga perairan utara Malaysia bagian timur.

Dari Laut Maluku bagian selatan hingga Sulawesi Tengah bagian utara, dari perairan timur Filipina hingga Laut Sulawesi, dari Laut Banda bagian utara hingga Pulau Buru, dari Laut Seram bagian barat hingga Sulawesi Utara, dari Papua Barat hingga Laut Halmahera bagian timur, serta di Papua bagian tengah.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem Selasa, 18 Mei 2021, dilansir Bmkg.go.id:

Wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang

1. Aceh

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved