Breaking News:

Banjir di Malinau

Waspada Banjir, Warga Pantau Tinggi Air Sungai di Malinau Kota, Kepala Desa Paking: Air Naik 1 Meter

Selang 4 hari sejak bencana banjir menerjang Kabupaten Malinau pada hari Minggu lalu (16/5/2021).

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Warga pesisir sungai di Malinau kembali siaga banjir.Saat ini, debit air di Sungai Mentarang dikabarkan setinggi sekira 1 meter. Di Desa Paking Kecamatan Mentarang, air mulai naik ke jalan sejak pagi hari tadi. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Selang 4 hari sejak bencana banjir menerjang Kabupaten Malinau pada hari Minggu lalu (16/5/2021).

Kini, desa-desa di pinggiran Sungai Mentarang kembali waspada banjir kiriman dari wilayah hulu sungai di Malinau.

Berdasarkan informasi warga di Kecamatan Mentarang Hulu, debit air mulai meninggi di hulu sungai akibat curah hujan tinggi selama sepekan terakhir.

Saat dikonfirmasi TribunKaltara.com, Kepala Desa Paking Kecamatan Mentarang, Karbeyantho Padan mengatakan saat ini air sungai kembali meluap.

Baca juga: Hari Kedua Korban Hilang di Perairan Marungu, Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian

Air sungai merembes ke jalan di Desa Paking. Dia mengatakan banjir mulai terjadi sejak subuh hari tadi di desa tersebut.

"Sekitar pukul 05:00 Wita air kiriman dari Hulu datang. Informasinya malam tadi di wilayah atas (Mentarang Hulu) sudah mulai banjir juga," ujarnya kepada TribunKaltara.com melalui telepon seluler, Kamis pagi (20/5/2021).

Karbeyantho Padan menjelaskan air sudah mencapai jalan di permukiman wilayah Desa Paking di pesisir Sungai Mentarang.

Ketinggian air diperkirakan meningkat setinggi 1 meter, dan diperkirakan akan semakin meninggi hingga siang hari ini, bertepatan waktu pasang air laut.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Tarakan Kamis 20 Mei 2021, Waspada Hujan Petir pada Malam Hari

"Pagi ini air sudah sampai di permukaan jalan. Debit air sungai meninggi 1 meter dari kondisi normal. Jika ketemu air pasang nanti dan kiriman air dari hulu masih berlanjut kemungkinan akan naik," katanya.

Malam tadi, berdasarkan laporan dari Camat Mentarang Hulu, Juari Lakai sejumlah desa di wilayah dataran rendah mulai digenangi air luapan sungai.

Mencakupi desa di daerah pesisir sungai di Mentarang Hulu, meliputi Desa Long Berang, Semamu, dan Long Sulit.

Baca juga: Waspada Banjir Susulan, BMKG Prediksi Malinau Diguyur Hujan Petir Disertai Angin Kencang Hari Ini

Warga di wilayah hilir sungai diminta waspada potensi bencana banjir gelombang ke dua akan kembali terjadi pada hari ini.

Pantauan TribunKaltara.com, debit air sungai di wilayah ibu kota kabupaten tampak mulai meninggi. Pagi hari ini, tampak sejumlah warga ikut memantau ketinggian air sungai di daerah Malinau Kota.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved