Berita Daerah Terkini

Prakiraan Cuaca BMKG: Empat Kecamatan di Berau Selasa 25 Mei 2021, Diprediksi Hujan Ringan

Empat kecamatan di Kabupaten Berau, yakni Tanjung Redeb, Sembaliung, Gunung Tabur dan Teluk Bayur, Selasa 25 Mei 2021 alami hujan ringan

Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.CO
Cuaca di Kabupaten Berau pagi ini pada Kecamatan Tanjung Redeb, Selasa (25/5/2021) cenderung hujan ringan dan berawan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG REDEB - Empat kecamatan di Kabupaten Berau, yakni Tanjung Redeb, Sembaliung, Gunung Tabur dan Teluk Bayur, Selasa 25 Mei 2021 alami hujan ringan.

BMKG Berau prediksi hujan ringan dimulai pukul 08.00 Wita sampai pukuil 14.00 Wita. Pukul 17.00 Wita akan kembali cerah. 

Sedangkan sebagian besar wilayah Berau diguyur hujan ringan dan berawan.

“Sejak pagi daera Kota Tanjung Redeb, sudah hujan ringan, prakiraan akan berlangsung hingga sore hari,” jelas Forecaster BMKG Berau, Lu'lu Muthmainati Fu'adah. 

Baca juga: Cuaca Selasa 25 Mei 2021 di Kota Samarinda, BMKG Prediksi Hujan Lebat di Empat Wilayah Ini 

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Tana Tidung Selasa 25 Mei 2021, Hujan Petir Bakal Guyur Empat Wilayah Ini

Khususnya di daerah pesisir Talisayan, prakiraan hujan ringan hingga hujan petir berlangsung hingga siang hari. Begitu juga untuk daerah Kecamatan Tabalar, prakiraan curah hujan petir akan berlangsung lama hingga malam pukul 20.00 Wita.

Sementara itu untuk daerah Pulau Derawan dan Kecamatan Maratua prakiraan cuaca berawan alan berlangsung hingga sore. Sedangkan hujan ringan diprakirakan berlangsung malam hari pukul 20.00 Witax

Lulu melanjutkan kecepatan angin maksimum berkisar 10 KM/Jam. Dengan suhu udara berkisar 23 hingga 29 derajat celcius dengan kelembaban udara antara 75 hingga 100 persen

BMKG Berau memprakirakan pada daerah Kecamatan Kelay dan Sehah pada pukul 20.00 hingga keesokan harinya akan diguyur hujan petir. Masyarakat diminta untuk waspada.

Baca juga: Waspada, BMKG Prediksi 4 Wilayah di Nunukan Berpotensi Mengalami Cuaca Ekstrem Selasa 25 Mei 2021

Untuk aktivitas nelayan bisa dilakukan seperti biasanya, sebab gelombang tidak diperkirakan tinggi. Lantaran angin laut Sulawesi belum memasuki daerah perairan Berau. Untuk saat ini kondisi keseluruhan cuaca di Kab Berau mengalami kemunduran Kemarau.

Sementara itu, dilansir Bmkg.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di sekitar wilayah Vietnam dan di Samudera Pasifik utara Papua.

Sehingga membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kamboja hingga pesisir timur Vietnam, di Laut Cina Selatan, serta di Samudra Pasifik utara Papua Barat-Papua.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Makassar hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar bagian tengah.

Cuaca di Kabupaten Berau pagi ini pada Kecamatan Tanjung Redeb, Sabtu (22/5/2021) cenderung cerah.
Cuaca di Kabupaten Berau pagi ini pada Kecamatan Tanjung Redeb, Sabtu (22/5/2021) cenderung cerah. (TRIBUNKALTIM.CO)

Kemudian, dari Laut Maluku bagian selatan hingga perairan utara Sulawesi Utara, serta dari perairan barat Papua Barat hingga Papua Barat bagian utara.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved