Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Generasi Muda Jadi Tonggak Ideologi Pancasila di Malinau

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, letak wilayah dan disrupsi informasi dinilai jadi tantangan mempertahankan ideologi Pancasila.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila diikuti secara daring oleh Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) di Kantor Bupati Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (1/6/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, letak wilayah dan disrupsi informasi dinilai jadi tantangan mempertahankan ideologi Pancasila di Kabupaten Malinau.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga diikuti secara daring oleh Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Malinau, di Kantor Bupati Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang disiarkan langsung dari Istana Negara melalui kanal media sosial Sekretariat Presiden RI.

Baca juga: Refleksi Hari Kelahiran Pancasila: Merdeka Belajar Wujudkan Profil Pelajar Pancasila

Baca juga: Sejarah Hari Lahir Pancasila yang Diperingati Tiap 1 Juni, Begini Kronologi Perumusan Pancasila

Menurutnya upaya mempertahankan ideologi pancasila harus dilakukan dengan cara-cara baru yang luar biasa. Yakni dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Dibutuhkan cara-cara baru yang luar biasa. Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama Revolusi industri 4.0," ujarnya melalui kanal You Tube Sekretariat Presiden, Selasa (1/6/2021).

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Keluarga Jawa (FKKJ) Kabupaten Malinau, Imam Holiq menilai perlunya penanaman nilai Pancasila khususnya bagi generasi muda.

Menurutnya, di era disrupsi informasi, kebudayaan dan nilai Pancasila perlu ditanamkan sejak dini. Terlebih secara geografis, Malinau merupakan Kabupaten yang berada di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

"Kami menilai perlu pembinaan karakter bagi generasi muda. Khususnya karena saat ini, teknologi semakin canggih. Di Malinau, tantangannya karena kita berada di wilayah perbatasan," ujarnya.

Baca juga: 10 Kutipan Tokoh Terkenal tentang Pancasila, Mulai dari Sujiwo Tejo, Gus Dur hingga Soekarno

Selain penguatan wawasan kebangsaan di bangku pendidikan, Ia menilai perlu ada program yang digagas secara berkelanjutan.

Bisa dilakukan melalui program Bela Negara, atau dikaitkan dengan program prioritas daerah seperti program Milenial Mandiri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved