Breaking News:

Pilpres 2024

Duet Airlangga-Anies Kekuatan Struktural & Kultural, Pengamat: Survei Jangan Fokus Popularitas Saja

Duet Airlangga dan Anies bisa menjadi gabungan kekuatan struktural dan kultural pada Pilpres 2024. Pengamat:Survei jangan hanya fokus popularitas.

Editor: Sumarsono
TRIBUNNEWS.COM
Wacana duet Airlangga Hartarto-Anies Baswedan maju di Pilpres 2024 

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA – Duet Airlangga Hartarto dan Anies Baswedan bisa jadi gabungan kekuatan struktural dan kultural pada Pilpres 2024. Untuk mengetahui itu, peneliti seharusnya tidak hanya fokus pada popularitas.

Seperti diketahui, bursa calon presiden 2024 hanya diisi nama-nama yang sering beredar di media berdasarkan hasil survei.

Dan, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sering menjadi pemberitaan dibandingkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto.

Hal ini bisa saja terjadi, karena memang banyak lembaga survei yang mungkin hanya fokus pada popularitas dan elektabilitas kandidat sudah ada.

Baca juga: PDIP dan Gerindra Usung Prabowo-Puan di Pilpres 2024? Anies Baswedan Berpotensi jadi Lawan Kuat

Baca juga: Hasil Survei, Ganjar dan Anies Bersaing Ketat Jadi Capres Pengganti Jokowi, Prabowo & Ridwan Kamil?

Sementara, masih banyak tokoh-tokoh politik yang memiliki basis massa hingga bawah tidak tersentuh oleh survei.

Demikian pandangan Direktur Eksekutif Navigator Politik Muhammad Gusti.

Gusti menilai, selain popularitas seharusnya para peneliti di bidang politik menggali sejarah kekuatan-kekuatan mesin politik dari semua kandidat.

“Popularitas bukan penentu kemenangan utama, sejarah politik kita membuktikan bahwa kekuatan partai yang selalu jadi penentunya.

Baca juga: Hasil Kongres PSSI, Begini Format Kompetisi Liga 1 2021, Suporter Klub Boleh Hadir? Ini Kata Kapolri

Saat ini, sosok sekaliber Airlangga Hartanto dengan Partai Golkar bisa jadi aggregator elite-elite politik dan bisnis baik di tingkat nasional hingga lokal untuk memenangkan Pilpres tahun 2024," kata Muhammad Gusti dalam keterangannya, Selasa (1/6/2021).

Jika Airlangga membuka peluang untuk bersanding dengan Anies, menurut Gusti, keduanya memiliki kekuatan politik secara struktural dan kultural untuk membangun bangsa.

Gusti pun yakin, kolaborasi Airlangga dan Anies di Pilpres 2024 dapat menjadi simpul dari seluruh kepentingan juga kekuatan politik untuk mensejahterakan negara dan membahagiakan bangsa.

Baca juga: Ustaz Yusuf Mansyur Terkejut Dengar Kabar Larissa Chou Gugat Cerai Alvin Faiz, Berdoa dan Pesan Ini

“Airlangga secara struktural dapat mengorkestrasi aktor-aktor ekonomi politik, elit lokal dan melobi partai politik lainnya.

Sedangkan Anies mampu secara kultural memobilisasi agen-agen sosial budaya, generasi muda dan jaringan intelektual publik," jelas Gusti. (Tribunnews)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Duet Airlangga-Anies di Pilpres 2024 Diyakini Jadi Kekuatan Politik Struktural-Kultural Bangsa

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved