Breaking News:

Pekan Olahraga Nasional

Gelontorkan Rp 4 Miliar untuk KONI Kaltara, Gubernur Zainal Berharap Masuk 20 Besar di PON XX Papua

Tahun ini total Rp 4 miliar dianggarkan dari APBD murni Pemprov Kaltara untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltara.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
H. Muhammad Nasir Ketua KONI Kaltara. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Tahun ini total Rp 4 miliar dianggarkan dari APBD murni Pemprov Kaltara untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltara.

Salah satu peruntukan anggarannya digunakan untuk persiapan
Kontingen Kalimantan Utara berlaga ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/Papua.

Jika tak ada kendala, PON XX di Papua yang digelar eventnya setiap empat tahunan itu akan dimulai Oktober 2021 mendatang.

Dalam hal ini, menjelang ke Papua, KONI Kaltara terus memantapkan persiapan. Itu juga menjadi salah satu agenda pembahasan dalam Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) Kaltara di Hotel Galaxy Tarakan Sabtu (19/6/2021) kemarin.

Baca juga: Berdayakan Milenial, Wamen PUPR Jhon Wempi Wetipo Inginkan Pemuda Papua Kelola Aset Venue PON XX

Baca juga: Raih Juara 2 Pencak Silat di Pra PON 2019, Apakah Atlet Kaltara Bisa Ikut PON Papua 2021? 

"Intinya pembahasan utama dalam rakerprov itu pertanggungjawaban anggaran. Terutama itu tahun 2020. Kedua, kita mengevaluasi apa-apa di tahun sebelumnya kekurangan- kekurangan kita lengkapi untuk ke depannya," beber H. Muhammad Nasir Ketua KONI Kaltara.

Kemudian selanjutnya fokus pada pembahasan rencana mengikuti PON Papua tahun 2021.

" Anggaran PON melalui APBD murni kita direalisasi Rp 4 miliar. Walaupun sampai hari ini belum turun tetapi, informasi kalau gak Senin mungkin Selasa cair," beber H. Muhammad Nasir.

Baca juga: Jelang PON XX Papua, Dermaga dan Fasilitas Pelabuhan Pomako Diperbaiki, Berikut Capaian Progresnya

Lebih lanjut H.Muhammad Nasir membeberkan, memang sebelumnya yang diusulkan dan diajukan Rp 22 miliar namun oleh APBD murni terealisasi Rp 4 miliar.

"Sisanya masuk di APBD-P nanti. Kalau ditanya kepastisn disetujui Rp 22 miliar, insya Allah tetap akan dialokasikan saya tidak mengatakan riilnya, tapi insya Allah sepeti itu," harapnya.

Jika pun nanti lanjutnya ada kekurangan, pihaknya akan melakukan revisi ulang. Adapun peruntukan anggaran Rp 4 miliar lanjutnya, pertama khususnya akan digunakan untuk cabang olahraga (cabor) yang lolos PON. "Dan biaya lainnya untuk kesekretariatan, untuk staf dan kebutuhan sekretariat," jelasnya.

VENUE PON XX - KUPP Kelas II Pomako Timika, Papua memperbaiki sejumlah fasilitas untuk siap menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2-15 Oktober 2021.
VENUE PON XX - KUPP Kelas II Pomako Timika, Papua memperbaiki sejumlah fasilitas untuk siap menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2-15 Oktober 2021. (TribunPapua.com/stevanus remere)
Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved