Breaking News:

Otomotif

Pengemudi Wajib Memberi Isyarat saat Mau Belok, Berikut Waktu Tepat Menyalakan Lampu Sein

Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memberikan kode atau isyarat saat mau belok atau berbalik arah. Kapan waktu tepat menyalakan lampu sein?

Editor: Sumarsono
kompas/rully
Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memberikan isyarat atau menyalakan lampu sein saat mau belok atau berbalik arah. 

TRIBUNKALTARA.COM – Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memberikan kode atau isyarat saat mau belok atau berbalik arah.

Penggunaan lampu sein atau isyarat tersebut tertuang dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pasal 112 disebutkan, bahwa pengemudi kendaraan yang akan berbelok atau berbalik arah wajib mengamati situasi lalu lintas di depan, samping, dan belakang.

Selain itu, wajib memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan.

Baca juga: Langgar Rambu Lalu Lintas, Pengemudi Mobil Pajero Tabrak Pengendara Motor, Korban Meninggal Dunia

Pada ayat selanjutnya, cara itu juga berlaku untuk pengemudi yang akan berpindah lajur atau bergerak ke samping.

Pengemudi juga dilarang langsung pindah jalur ke kiri jika pada sebuah persimpangan dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIL), kecuali terdapat marka yang memperbolehkannya.

Bagi pengendara yang tidak mengindahkan aturan tersebut, sebagaimana pasal 294 dan 295 UU 22/2019, Anda terancam hukuman dipidana dengan kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Nah, sekarang kapan waktu yang tepat memberikan insyarat atau menyalakan lampu sein ketika pengemudi kendaraan mau belok atau berbalik arah?

Baca juga: Kendaraan Masuk Kaltara Sepi, Dirlantas Polda Sebut tidak Ada Modus Kelabui Petugas Kepolisian

Kelengkapan kendaraan, seperti piranti lampu-lampu dan klakson menjadi alat komunikasi yang penting bagi kendaraan yang satu dengan kendaraan lainnya.

Semisal lampu sein atau turn signal yang berperan sebagai penanda bahwa mobil atau motor ingin berpindah lajur.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved