Breaking News:

Perbatasan RI Malaysia

Satgas Pamtas RI-Malaysia Amankan Tumpukan Kayu Ilegal saat Patroli Patok Batas Negara

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC kembali mengamankan tumpukan kayu olahan yang diduga hasil kegiatan ilegal di Kecamatan Sei Manggaris.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Sumarsono
Satgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC kembali mengamankan tumpukan kayu olahan yang diduga hasil dari kegiatan ilegal logging di Kecamatan Sei Manggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (29/06/2021) sore. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC kembali mengamankan tumpukan kayu olahan yang diduga hasil kegiatan ilegal di Kecamatan Sei Manggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (29/06/2021) sore.

Menurut Dansatgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC Letkol Arh Drian Priyambodo, tumpukan kayu olahan yang diduga hasil kegiatan ilegal tersebut berada ditemukan di jalan tidak resmi.

Selain itu, dalam tumpukan kayu itu terdapat pakaian dan perlengkapan untuk menebang yang diduga milik pelaku illegal logging di lokasi kejadian.

"Dalam kegiatan patroli patok batas itu, lima anggota kami mengamankan batang kayu olahan berbagai jenis yang siap diangkut. Kami duga kuat kayu itu hasil pembalakan liar di wilayah tersebut," kata Drian Priyambodo kepada TribunKaltara.com, pukul 19.00 Wita.

Baca juga: Satgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC Berhasil Amankan Senpi Rakitan Jenis Penabur Milik Warga Perbatasan

Penemuan kayu hasil pembalakan liar itu bermula saat anggota Satgas Pamtas melaksanakan kegiatan patroli batas di sepanjang jalan setapak yang biasa dilalui Pekerja Migran Indonesia (PMI) illegal, wilayah Pos Gabma Sei Manggaris, Kecamatan Seimanggaris.

"Tidak jauh dari lokasi pembalakan liar, Satgas Pamtas menemukan dampak nyata tanah longsor di sekitar lokasi kejadian pembalakan liar tersebut," ujarnya.

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC mengamankan tumpukan kayu olahan yang diduga hasil kegiatan ilegal logging di Kecamatan Sei Manggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (29/06/2021) sore.
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC mengamankan tumpukan kayu olahan yang diduga hasil kegiatan ilegal logging di Kecamatan Sei Manggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (29/06/2021) sore. (Satgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC)

Dia mengatakan, Satgas Pamtas akan melakukan kegiatan patroli secara rutin di sepanjang wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Tak lupa dia imbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan penebangan liar, guna menekan dan meminimalisir kegiatan ilegal, utamanya illegal logging.

"Karena itu dapat berakibat rusaknya ekosistem dan kelestarian lingkungan. Ini harus jadi perhatian kita bersama," ungkapnya.

(*)

Penulis: Febrianus Felis

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved