Berita Nunukan Terkini

Update Kondisi Jasad Nasrun Korban Diterkam Buaya di Muara Rahayu Sebakis, Kedua Tangannya Terputus

Dua hari satu malam hilang diterkam buaya, jasad M Nasrun (38) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan kedua tangannya putus, di Muara Rahayu.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
Kepala Operasi Basarnas Tarakan, Dede Hariana
M Nasrun (38) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, di Muara Rahayu, Sebakis, Kabupaten Nunukan, Senin (05/07/2021), pukul 07.15 Wita. (Kepala Operasi Basarnas Tarakan, Dede Hariana) 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Dua hari satu malam hilang diterkam buaya, jasad M Nasrun (38) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan kedua tangannya putus, di Muara Rahayu, Sebakis, Kabupaten Nunukan, Senin (05/07/2021), pukul 07.15 Wita.

Menurut Kepala Operasi Basarnas Tarakan, Dede Hariana, team SAR gabungan menemukan jazad Nasrun dalam kondisi meninggal dunia dan kedua tangannya putus, di radius 1 mil dari LKP ke arah hulu.

Selain itu, kondisi tubuh korban tampak bengkak akibat lama terendam air sungai.

Baca juga: Nasrun, Warga Nunukan yang Diterkam Buaya Ditemukan Meninggal, Operasi  SAR Gabungan Ditutup

"Tim temukan jazad korban dalam keadaan meninggal dunia dan kedua tangannya putus akibat diterkam buaya. Kalau kondisi tubuh pasti bengkak karena terendam lama di dalam air," kata Dede Hariana kepada TribunKaltara.com, Senin (05/07/2021), pukul 11.00 Wita.

Dede menduga kuat korban diseret oleh buaya ke pinggir muara sungai dan tersangkut pada akar kayu bakau.

Baca juga: Hari Pertama Pencarian Nasrun Korban Diterkam Buaya Nihil, Basarnas Tarakan Lanjutkan Besok Pagi

"Tim SAR gabungan menemukan jazad Nasrun di pinggir sungai tersangkut pada akar kayu bakau. Kami menduga jazad korban diseret buaya ke pinggir muara sungai," ucapnya.

Adapun unsur yang terlibat dalam operasi pencarian jazad Nasrun yakni tim pos SAR Nunukan dan masyarakat setempat.

Pencarian oleh personel SAR Nunukan terhadap seorang pria di Muara Rahayu Sebakis, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, setelah dikabarkan diterkam buaya, Sabtu (03/07/2021), pukul 19.00 Wita.
Pencarian oleh personel SAR Nunukan terhadap seorang pria di Muara Rahayu Sebakis, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, setelah dikabarkan diterkam buaya, Sabtu (03/07/2021), pukul 19.00 Wita. (TRIBUNKALTARA.COM/ HO- Dede Hariana)

Dede mengaku, dalam operasi pencarian jazad korban pihaknya mengalami beberapa kendala, utamanya soal geografis dan SDM dalam pencarian.

Dede perkirakan kedalaman Muara Rahayu yakni 4-5 meter.

"Dalam menolong korban kita harus lebih berhati-hati juga. Harus ada antisipasi binatang buas. Apalagi di muara sungai. Kedua faktor geografis, dangkal atau tidaknya air. Kayu-kayu yang terapung. Pencarian tim juga sedikit," ujarnya.

Baca juga: Seorang Pria Diterkam Buaya di Sebakis Kabupaten Nunukan, Saat Mencari Punpun di Muara Sungai

Dia mengimbau kepada warga setempat untuk lebih berhati-hati saat beraktivitas di dekat Muara Rahayu. Apalagi saat malam hari.

"Pada intinya di muara manapun binatang buas seperti buaya itu pasti ada. Warga harus bisa paham kondisi muara. Jangan terlalu nekad terjun ke sungai. Apalagi kalau malam hari pandangan kita tidak jelas untuk mendeteksi apakah ada binatang buas atau tidak," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria di Sebakis, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara dikabarkan diterkam buaya, lantaran mencari punpun (umpan ikan) di Muara Rahayu, Sebakis, Sabtu (03/07/2021), pukul 19.00 Wita.

Malam itu Nasrun diketahui bersama 2 rekannya sedang mencari punpun di Muara Rahayu.

Ketiga pria itu mencari punpun dengan menyelam di sungai. Tak berapa lama kemudian, Narsun diterkam buaya dan disaksikan dua rekannya itu.

Baca juga: Dipancing Pakai Makanan yang Diikat Tali, Buaya Berukuran 3 Meter di Samarinda Berhasil Ditangkap

Warga setempat sempat melakukan pencarian terhadap Narsun, namun tak didapati.

Bahkan di lokasi kejadian, tak ada barang bukti yang ditinggalkan. Hanya perahu milik Narsun.

(*)

Penulis: Febrianus felis

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved