Breaking News:

Berita Malinau Terkini

80 Persen Sekolah di Kabupaten Malinau Laksanakan PTM, Khusus Wilayah Rawan Covid-19 Ditunda

Sejumlah sekolah di Kabupaten Malinau memulai pembelajaran di tahun ajaran baru dengan metode pembelajaran tatap muka (PTM). Rawan Covid-19 ditunda.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Ilustrasi, Siswa-siswi mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah satuan pendidikan jenjang SD, SMP/sederajat di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Sejumlah sekolah di Kabupaten Malinau memulai pembelajaran di tahun ajaran baru dengan metode pembelajaran tatap muka (PTM).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau, Fureng Elisa Mou menerangkan, saat ini sekira 80 persen satuan pendidikan jenjang SD dan SMP/sederajat diijinkan untuk menggelar PTM terbatas.

Menurutnya, kegiatan belajar mengajar di sekolah disesuaikan dengan zonasi tingkat kerawanan angka konfirmasi Covid-19.

Baca juga: Diberlakukan PPKM Mikro di Bulungan, Bupati Syarwani Pastikan PTM Serentak Ditunda

"Sebenarnya, ada beberapa sekolah yang sudah menggelar PTM sejak tahun ajaran yang lalu. Sampai saat ini kurang lebih 80 persen yang boleh melaksanakan PTM terbatas," ujarnya, Sabtu (10/7/2021).

Fureng Elisa Mou mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Kayan Hulu dan Kayan Selatan, satuan pendidikan masih menunda pemberlakuan belajar tatap muka.

Baca juga: SD dan SMP di Tana Tidung akan PTM 12 Juli 2021, Sekrtaris Disdikbud Andi Prasetyo: Ada Syaratnya

Dikarenakan berdasarkan zonasi kerawanan Covid-19 sebagian besar wilayah di 2 kecamatan Perbatasan tersebut angka konfirmasi Covid-19 semakin meningkat.

"Kecuali di Apau Kayan, khususnya sejumlah satuan pendidikan di Kecamatan Kayan Hulu dan Kayan Selatan sementara ini masih PJJ. Karena di sana indeks kerawanan tinggi," katanya.

Peserta didik di satuan pendidikan Malinau Kota menggelar PTM terbatas. Vaksinasi Covid-19 ditarget rampung sebelum Juli mendatang untuk guru sekolah di Seluruh Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (27/5/2021).
Peserta didik di satuan pendidikan Malinau Kota menggelar PTM terbatas. Vaksinasi Covid-19 ditarget rampung sebelum Juli mendatang untuk guru sekolah di Seluruh Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (27/5/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Di sejumlah wilayah perkotaan, beberapa sekolah menerapkan kegiatan belajar mengajar tatap muka.

Namun sewaktu-waktu, kegiatan belajar mengajar bisa saja berubah. Menyesuaikan dengan pedoman dari pemerintah daerah dan kebijakan komite sekolah.

Baca juga: Disdikbud Kaltara Pastikan Pembelajaran Tatap Muka SMA/SMK di Kabupaten Bulungan Ditunda

"Sejauh ini, di Kota sebagian besar PTM terbatas. Tatap muka dilakukan terbatas, baik interaksi maupun jam belajar. Namun, KBM bisa saja berubah PJJ, contohnya karena kasus Covid-19 di wilayah tersebut kembali meningkat.

Dinas Pendidikan terus memantau pelaksanaan PTM di Sekolah. Sejauh ini masih normal, kami masih menunggu jika nanti ada kebijakan baru menunda PTM," ucapnya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved