Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Laksanakan Program PKM, Tim Dosen Poltekba Bantu Penerangan Jalan Umum di Kampung Pinisi Balikpapan

Tim Dosen Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Elektronika,Telekomunikasi dan Informasi

Editor: Sumarsono
HO/HUMAS POLTEKBA
Tim Dosen Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan memberikan bantuan penerangan jalan umum di Kampung Pinisi, Balikpapan. 

TRIBUNKALTARA.COM - Tim Dosen Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Elektronika, Telekomunikasi dan Informasi.

Program PKM dilaksanakan berupa bantu bantuan penerangan jalan umum di Kampung Pinisi, RT, 32, Kota Balikpapan.

Hal ini didasari melihat kondisi lampu penerangan di Kampung Pinisi RT 32 banyak yang belum terpasang dan rusak, sehingga tidak menyala pada malam hari.

Kondisi malam yang gelap  membuat warga mengeluh was-was akan terjadi tindakan kriminal, karena lokasi Kampung Pinisi berada di pinggir laut.

Baca juga: Orientasi Pengabdian Masyarakat & Cipta Lapangan Kerja, Ini Daftar Pejabat Baru Politeknik Malinau

Dengan adanya penerangan lama jalan, terutama di kawasan permukiman padat penduduk dan pinggir laut banyak manfaatnya bagi masyarakat.

Linkungan permukiman penduduk menjadi terasa terang dan aman pada malam hari, apalagi tidak sedikit warga memiliki anak kecil yang sering bermain di area sekitar.

Kondisi di lapangan juga menunjukkan rumah-rumah warga berada di atas bibir pantai, sehingga sangat membahayakan bagi warga, baik anak-anak maupun masyarakat yang berkunjung untuk wisata.

Melihat permasalahan tersebut tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Balikpapan diketuai Nurul Musfirah Khairiyah, SE,MM bersama tim melibatkan tiga dosen, yakni Erick Sorongan, SKom,MEng, Danar Retno Sari, SKom, MKom dan DrsTotok Ismawanto, MMPd melakukan survei.

Tim Dosen Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) membantu penerangan jalan umum di Kampung Pinisi, Balikpapan.
Tim Dosen Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) membantu penerangan jalan umum di Kampung Pinisi, Balikpapan. (HO/HUMAS POLTEKBA)

Tim melaksanakan survei, pemantauan, penentuan lokasi, pemasangan lampu penerangan serta monitoring bersama Ketua RT setempat.

“Tujuan memantau, apakah lampu penerangan bisa berfungsi dengan baik dan berkelanjutan sehingga dirasakan manfaatnya oleh warga Kampung Pinisi dan masyarakat yang berkunjung,” ujar Nurul Musfirah Khairiyah selaku ketua tim.

Lampu penerangan jalan yang telah dipasang sebanyak 5 buah menggunakan tiang dan lampu LED serta menyala menggunakan sumber energi dari PLN mengikuti PJU (Penerangan Jalan Umum).

Warga dan Ketua RT 32 Kampung Pinisi sangat antusias dan menyambut baik adanya peningkatan penerangan lampu jalan oleh tim PKM Poltekba.

Selain menerangi jalan, masyarakat berharap risiko kecelakaan dan tindakan negatif lainnya pada malam hari terkurangi serta menambah keindahan di Kampung Pinisi sebagai salah satu kampung wisata di Balikpapan. (*)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved