Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Pelaku Simpan Sabu dalam Kemasan Kue, BNNP Kaltara: Manfaatkan Istri Lewati X-Ray Bandara

Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Pol Samudi membenarkan adanya penangkapan terhadap dua orang merupakan suami istri dan salah satunya dicurigai kurir.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Pol Samudi 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara terus melakukan pengembangan terkait temuan sabu-sabu seberat 394,76 gram oleh pihak Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan pada 1 Juli 2021 lalu.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Pol Samudi membenarkan adanya penangkapan terhadap dua orang merupakan suami istri dan salah satunya dicurigai sebagai kurir sabu. Kejadian penangkapan pada Kamis (1/7/2021) lalu.  Pihak Tim Pemberantasan dari BNNP Kaltara menerima informasi dari Avsec Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan.

“Informasinya saat awal kami terima, petugas Avsec Bandara saat melakukan pengecekan X-Ray barang penumpang yang akan berangkat, mencurigai ada dua koper dimana salah satunya dicurigai adalah berisi barang terlarang,” beber Brigjend Pol Samudi.

Baca juga: Simpan Sabu dalam Kemasan Kue, Seorang Penumpang Tujuan Makassar Diciduk di Bandara Juwata Tarakan

Lebih lanjut dibeberkan Brigjend Pol Samudi, setelah dilakukan pengecekan dan menanyakan koper tersebut kepada seorang perempuan yang merupakan pembawa koper saat akan check in. Perempuan tersebut diketahui berinisial WE. Setelah dilakukan pemeriksaan, didampingi Tim Pemberantasan Narkoba BNNP Kaltara, ditemukanlah barang mencurigakan tersebut di dalam salah satu koper.

“Barang itu ternyata sudah dikemas semacam kue pandan atau cake merek Apollo dan setelah dibuka, diduga narkoba jenis sabu. Ada sekitar 16 bungkus cake apollo yang berisi barang mencurigakan tersebut,” ungkap Brigjend Pol Samudi.

Pemilik koper pun akhirnya diinterogasi setelah diduga barang it kemudian karea itu diduga narkoba. Informasi yang disampaikan WE, koper tersebut milik sang suami, Sb (nama diinisialkan).

Baca juga: BNNK Tarakan Ciduk Residivis, Temukan 8 Paket Sabu: Kita Curiga Barang Haram Ini Asal Malaysia

“ Ternyata itu titipan suaminya. Modusnya suami ini, mau berangkat ke Makassar bersama istri. Tanpa sepengetahuan istrinya, suaminya menyuruh porter untuk membantu istrinya melakukan chek in. Jadi saat chek in itu porter bandara dan istrinya Sb ada di belakang porter,” ungkap Samudi.

Saat ditanyakan keberadaan sang suami, Sb membawa pulang kendaraannya ke rumah. Posisinya sang istri, WE takt ahu menahu isi dalam koper tersebut. Setelah diketahui bahwa barang dicurigai narkoba jenis sabu, petugas selanjutnya melakukan pengembangan.

Ilustrasi cake pandan merek Apollo. Pelaku diciduk di Bandar Udara Juwata Tarakan karena membawa sabu dengan modus dikemas dalam cake pandan merek Apollo
Ilustrasi cake pandan merek Apollo. Pelaku diciduk di Bandar Udara Juwata Tarakan karena membawa sabu dengan modus dikemas dalam cake pandan merek Apollo (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

“Saat masih diinterogasi, istrinya sempat dihubungi suaminya. Bahkan sampai video call. Dan tim juga menyiasati sang istri seolah berada di ruang tunggu. Namun kemungkinan suaminya sudah curiga,” beber Samudi.

Petugas bersama WE segera ke kediaman Sb. Karena sang suami curiga, saat tim datang ke lokasi, suami WE melarikan diri sehingga sempat terjadi aksi kejar-kejaran. Aksi kejar-kejaran tak jauh dari rumah pelaku di area Jembatan Besi Kelurahan Lingkas Ujung.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved