Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Cegah Covid-19 di Tarakan, Danrem Brigjen TNI Suratno,Tinjau Pelaksanaan Swab di Bandara Juwata 

Danrem 092 Maharajalilla Brigjen TNI Suratno peninjauan penerapan protokol kesehatan sekaligus kegiatan swab acak yang diterapkan di Bandara Juwata.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ADIT-KODIM 0907 TARAKAN
Komandan Korem 092 Maharajalilla Brigjen TNI Suratno pada Rabu lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Dalam Konferensi Pers Jumat lalu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengharapkan keterlibatan aktif TNI dan Polri mengawasi jalannya penerapan da penegakan hukum pelaksanaan protokol kesehatan di masing-masing wilayah tugas.

Ini sebagai Langkah memperkuat disiplin masyarakat menjalani protokol kesehatan. Implementasinya di Kota Tarakan pun demikian. Seperti yang dilaksanakan Komandan Korem 092 Maharajalilla Brigjen TNI Suratno pada Rabu lalu.

Ia melakukan peninjauan penerapan protokol kesehatan sekaligus kegiatan swab acak yang diterapkan di Bandara Internasional Juwata Tarakan. Peninjauan didampingi langsung Komandan Kodim 0907 Tarakan, Letkol Infanteri Eko Antoni Chandra Lestianto.

Baca juga: Vaksinasi Massal Tidak Taat Protokol Kesehatan, Polres Nunukan: Kami Sudah Setting, Tidak Begini

Ia membeberkan, harus melihat langsung pelaksanaan swab antigen yang dilakukan secara acak denga sistem random sampling kepada penumpang pesawat yang tiba di Bandara Internasional Juwata Tarakan.

Sejumlah prajurit gabungan TNI dan instansi lainya juga diterjunkan dan disiagakan. Dikatakan Danrem Brigjend TNI Suratno, keterlibatan unsur TNI sangat penting membantu pemerintah dalam hal pengawasan di pintu masuk.

Baca juga: Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, Musda II Demokrat Kaltara Wajibkan Peserta Ikuti Tes Antigen

“ Seperti pelaksanaan swab antigen secara acak dan random sebagai upaya bersama mencegah masuknya Covid-19 di Kota Tarakan,” urainya.

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen TNI Suratno mengatakan bahwa bandara merupakan salah satu objek vital sehingga penting untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai Covid-19.

Edukasi protokol kesehatan dan pembagian masker kepada para pengguna jalan di Kota Tarakan. (HO/Pendim 0907 Tarakan)
Edukasi protokol kesehatan dan pembagian masker kepada para pengguna jalan di Kota Tarakan. (HO/Pendim 0907 Tarakan) (HO/Pendim 0907 Tarakan)

"Saya ingin pastikan apakah protokol yang dijalankan benar-benar berjalan dengan baik,"ucapnya.

Danrem sendiri juga memberikan apresiasi kepada pihak bandara dan stakeholder lainnya yang dinilai telah bekerja keras untuk menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Bupati Asmin Laura akan Keluarkan Surat Larangan Wahana Permainan

" Semua hal yang telah diterapkan di area bandara, mulai dari pembatasan jumlah orang atau penumpang, pengaturan jarak sesuai protap, penggunaan masker dan proses swab secara acak, sudah berjalan baik sesuai standar yang berlaku,” ungkapnya.

Danrem menegaskan, upaya percepatan penanganan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah tugas semua orang sehingga disiplin dan gotong-royong harus ditingkatkan. Semua harus terlibat. Dan semua harus mematuhi protokol kesehatan.

“Untuk penanganan Covid-19 adalah mutlak dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran sehingga kita semua aman dalam beraktivitas,” tuturnya.

Ia berharap adanya pengawasan ketat dilakukan kepada setiap penumpang yang tiba. Petugas harus memastikan masyarakat bisa menunjukan hasil awab antigen dan sudah divaksin. “Sehingga potensi penyebaran Covid-19 ini bisa ditekan,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved