Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Idul Adha di Kabupaten Malinau, Panitia akan Bagikan Langsung Daging Hewan Kurban ke Penerima

Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah di Kabupaten Malinau, Panitia Kurban akan mendatangi langsung ke kediaman penerima.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Rapat bersama Takmir Masjid, tokoh agama bersama MUI dan Kemenag Malinau di Balai Pertemuan Keagamaan, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah dan hewan kurban di Malinau akan dilaksanakan terbatas sesuai panduan pelaksanaan selama pandemi Covid-19.

Daging hewan kurban nantinya akan dibagikan langsung oleh Panitia Kurban ke kediaman penerima.

Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau menerbitkan pedoman ibadah Idul Adha, silaturahmi dan pemotongan hewan kurban melalui Surat Edaran Bupati Malinau.

Baca juga: Pastikan Hewan Kurban Sehat, Dinas Pertanian Bulungan akan Lakukan Pemeriksaan H-2, Jelang Idul Adha

Bupati Malinau, Wempi W Mawa menyampaikan SE tersebut mengacu pada SE Menteri Agama RI 15/2021 mengenai pelaksanaan idul adha di masa pandemi Covid-19.

"Sesuai panduan dari SE Menteri Agama, pelaksanaan hari besar keagamaan termasuk hari raya Idul Adha dan pelaksanaan kurban menyesuaikan kondisi Covid-19 di daerah," ujarnya, Minggu (18/7/2021).

Baca juga: Jelang Idul Adha 1442 Hijriah, Petugas Sembelih Hewan Kurban di Malinau Dijadwalkan Ikut Tes Antigen

SE Bupati Malinau tersebut mengatur secara rinci pelaksanaan kurban. Mulai dari kesiapan petugas, alat yang digunakan hingga pengecualian pihak-pihak yang dapat menghadiri kegiatan pemotongan hewan kurban.

Juga berkaitan mekanisme distribusi daging hewan kurban yang nantinya akan diantar langsung ke kediaman penerima, tidak lagi di tempat pemotongan kurban.

Salah satu lapak penjualan hewan kurban di depan Kantor Gabungan Dinas-Dinas II Nunukan, Jalan Selisun, Kelurahan Nunukan Selatan.
Salah satu lapak penjualan hewan kurban di depan Kantor Gabungan Dinas-Dinas II Nunukan, Jalan Selisun, Kelurahan Nunukan Selatan. (TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS)

"Ini kita atur rinci supaya mencegah kluster baru. Semua sudah diatur. Niat kita semua baik, untuk menjaga agar masyarakat terhindar dari Covid-19, supaya tidak terjadi penumpukan massa," katanya.

Baca juga: Daftar Harga Hewan Kurban Kambing, Domba dan Sapi, Harga Tergantung Jenis dan Berat Hewan

Sesuai panduan, nantinya hanya panitia kurban dan orang yang berkurban yang dibenarkan hadir di rumah pemotongan hewan ruminansia (RPH-R) atau di luar RPH-R.

Menerapkan sistem satu orang satu alat baik untuk pemotong maupun pencacah yang digunakan panitia yang telah disterilisasi terlebih dulu.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved