Breaking News:

Idul Adha 2021

Cegah Penularan Covid-19, Masjid Agung Malinau Langsung Disemprot Disinfektan Usai Salat Idul Adha

Guna mencegah penularan Covid-19 atau virus corona, pelaksanaan Salat Idul Adha di Malinau menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Pengurus masjid menyemprotkan cairan disinfektan setelah pelaksanaan salat Idul Adha 1442 Hijriahdi Masjid Agung Darul Jalal, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (20/7/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Pelaksanaan Salat Idul Adha di Kabupaten Malinau dilaksanakan secara terbatas berdasarkan panduan SE Menag RI 15/2021.

Selain itu, pemerintah daerah melalui Surat Edaran Bupati Malinau telah mengatur rinci terkait pelaksanaan ibadah Idul Adha 1442 Hijriah dan kurban.

Baca juga: 12 Contoh Pantun Idul Adha 2021, Bisa Dipakai untuk Update Status atau Dikirim ke Teman Dekat

Pantauan TribunKaltara.com, jamaah mulai berdatangan di sejumlah masjid sejak pagi hari sekira pukul 06:00 Wita.

Tampak ruangan hingga halaman masjid mulai diisi oleh jemaah. Tiap jemaah yang akan memasuki gerbang masjid diperiksa suhu tubuh.

Sebelum salat dimulai, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Malinau sekaligus Imam Masjid Agung Darul Jalal, Ust Hartono Ahmad Van Gobel menyampaikan anjuran untuk menaati protokol kesehatan.

"Diwajibkan memakai masker, dan sebisa mungkin membawa sajadah dari rumah.

Bagi jamaah yang bergejala demam atau gangguan kesehatan lainnya dianjurkan melaksanakan salat dari rumah," ujarnya, Selasa (20/7/2021).

Pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid Agung Darul Jalal dilaksanakan sekira pukul 07:15 Wita. Diawali salat 2 rakaat.

Dilanjutkan khotbah singkat yang berisi tentang sejarah Idul Adha dan anjuran khatib kepada jemaah untuk berusaha dan tidak berpangku tangan walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Ketua DMI Malinau turut menjelaskan langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus corona di rumah ibadah khususnya di Masjid.

Yakni dengan membatasi jumlah jemaah 50 persen dari kapasitasnya, sterilisasi sebelum dan setelah pelaksanaan ibadah serta diwajibkan untuk mengenakan masker.

Baca juga: Resep Daging Sapi Lada Hitam, Bisa Jadi Hidangan Idul Adha Favorit Keluarga

"Di Masjid Agung Darul Jalal, pelaksanaan ibadah sesuai ketentuan menyesuaikan setengah dari kapasitas masjid. Diwajibkan mengenakan masker.

Dan tiap pelaksanaan hari besar keagaamaan, masjid disterilisasi sebelum dan setelah kegiatan," ungkapnya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved