Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Pelaksanaan Kurban hingga 13 Dzulhijjah, Panitia Malinau Kota Target Pembagian Daging Selesai Sehari

Pelaksanaan hari raya kurban di Kabupaten Malinau diselenggarakan di sejumlah wilayah Kabupaten Malinau mulai pagi, Selasa (20/7/2021).

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Sumarsono
Tribun Kaltara
Panitia Kurban menyiapkan pembagian daging hewan kurban kepada penerima di Desa Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (20/7/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Pelaksanaan hari raya kurban di Kabupaten Malinau diselenggarakan di sejumlah wilayah Kabupaten Malinau mulai pagi, Selasa (20/7/2021).

Panitia kurban tingkat desa dan RT di Kabupaten Malinau mulai melaksanakan pemotongan hewan kurban di masjid, musala, pesantren, atau di lapangan terbuka.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Malinau Siti Samsiah menyampaikan pemotongan hewan kurban dapat dilaksanakan mulai hari ini hingga 13 Dzulhijjah atau 23 Juli 2021.

Hal tersebut dijelaskan melalui Surat Edaran Menteri Agama RI 15/2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dadalam Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Kurban 1442 Hijriah.

Baca juga: Panitia Islamic Centre Malinau Potong 9 Ekor Hewan Kurban Idul Adha, Berikut Metode Pembagiannya

"Pelaksanaan kurban 1442 Hijriah sesuai SE Kemenag RI, kurban bisa dilaksanakan 11, 12, 13 Dzulhijjah, ini diatur karena ada pelaksanaannya memakan waktu karena ada protokol kesehatan," ujarnya, Selasa (20/7/2021).

Menurutnya, mulai dari pemotongan hingga distribusi hewan kurban tidak lagi dilaksanakan leluasa. Sehingga pelaksanaannya diakomodir hingga 23 Juli 2021.

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Kecamatan Malinau Kota diselenggarakan mulai pagi, Selasa (20/7/2021).
Pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Kecamatan Malinau Kota diselenggarakan mulai pagi, Selasa (20/7/2021). (Tribun Kaltara)

Terkait mekanisme pembagian daging hewan kurban, Siti Samsiah mengatakan akan dibagikan langsung oleh penerima.

Sementara itu, Panitia Kurban di Desa Malinau Kota, Zulkarnain menyampaikan pelaksanaan kurban diperkirakan akan selesai pada hari ini.

Menurutnya, sekalipun jumlah panitia terbatas, pemotongan hingga pendistribusian bisa diselesaikan dalam waktu sehari.

Baca juga: Salat Idul Adha di Masjid Agung, Wabup Malinau Jakaria: Protokol Kesehatan Tak Kurangi Silaturahmi

"Mungkin sehari selesai. Kalau biasanya kan setengah hari. Informasinya di masjid-masjid sudah selesai dipotong. Sisa ditimbang baru dibagikan, jadi mungkin sore sudah selesai," ungkapnya.

Terkait distribusi daging hewan kurban, ia meyakini tidak memakan waktu lama karena panitia kurban nantinya akan menyerahkan secara berjenjang di tingkat RT.

"Begitu selesai, kita timbang, terus panitia serahkan ke masing-masing RT. Nanti RT yang bagi, jadi cepat. Hari ini mungkin selesai," katanya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved