Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

PMI Tarakan Mulai Screening Para Penyintas Covid-19 untuk Donor Plasma Convalencent

Rabu (21/7/2021) hari ini, seluruh penyintas Covid-19 di Tarakan resmi didata dan di-screening di Kantor PMI Tarakan untuk donor plasma conbalencent.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Sumarsono
Tribun Kaltara
Aktivitas donor darah di Kantor PMI Kota Tarakan, Rabu (21/7/2021). PMI Tarakan mulai screening para penyintas Covid-19 untuk donor plasma convalescent 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Rabu (21/7/2021) hari ini, seluruh penyintas Covid-19 di Tarakan resmi didata dan di-screening di Kantor PMI Kota Tarakan untuk bisa donor plasma conbalencent.

Pendataan dan screening bagi penyintas Covid-19 ini sebagai upaya mendapatkan calon pendonor plasma convalencent yang nantinya digunakan untuk terapi pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Sejak pukul 09.00 WITA beberapa penyintas Covid-19 mulai berdatangan sesuai jadwal yang ditetapkan Kantor PMI Kota Tarakan.

Sekretaris PMI Provinsi Kaltara Amrin mengatakan, saat ini PMI Kota Tarakan bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Provinsi Kaltara untuk melakukan screening pasien Covid-19 di Kota Tarakan.  Menyusul kebutuhan plasma darah penyintas dari RSUD Tarakan.

Baca juga: Penyitas Covid-19 OTG Tak Penuhi Syarat untuk Donor Plasma Convalencent, Alasannya Ini

Ia mengemukakan, saat ini alat donor plasma sudah tersedia di RSUD Tarakan dan donor plasma convalescent sudah bisa dilakukan.

Menurut informasi dihimpun, alat terapi plasma sudah didatngkan sejak Jauari 2021 lalu namun belum difungsikan.

Ruslaeny saat melakukan screening untuk melakukan donor plasma convalencent di PMI Kota Tarakan, Rabu (21/7/2021).
Ruslaeny saat melakukan screening untuk melakukan donor plasma convalencent di PMI Kota Tarakan, Rabu (21/7/2021). (Tribun Kaltara)

“Sempat digunakan tiga kali sempat trouble dan sudah mulai difungsikan sejak Senin kemarin,” jelasnya.

Alatnya bernama aphereses digunakan untuk semua jenis plasma. Ke depan lanjutnya di PMI Tarakan juga berencana mendatangkan alat yang serupa untuk kebutuhan donor plasma.

Baca juga: Bantu Warga Butuh Transfusi Darah, Kodim 0907 Tarakan Gelar Aksi Donor Darah, HUT Kodam Mulawarman

“Bukan untuk Covid-19 tapi untuk umum. Karena permintaan donor plasma di Kaltara dan Tarakan sangat tinggi. Kalau pakai donor biasa, ada 10 dibutuhkan maka 10 orang dicari,” bebernya.

Berbeda dengan khusus alat donor plasma, dari permintaan 10 kantong bisa terwakilkan lima orang. Artinya bisa membantu orang lain dan efisiensi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved