Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Uji Swab PCR Terbatas, 4 Fasilitas Kesehatan di Tarakan Bakal Dimaksimalkan untuk Penggunaan TCM

4 fasilitas kesehatan di Tarakan bakal dimaksimalkan untuk pemeriksaan spesimen swab menggunakan mesin tes cepat molekuler atau TCM.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Aktivitas antrean penumpang yang ingin melakukan uji swab RT PCR di Rumkital Ilyas Tarakan yang saat ini masih dibuka untuk umum. FOTO: TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUKALTARA.COM, TARAKAN – Wali Kota Tarakan dr Khairul benarkan jika saat ini tiga rumah sakit di Kota Tarakan prioritaskan pelayanan uji RT PCR hanya difokuskan untuk keperluan medis.

Sehingga untuk para pelaku perjalanan belum dibuka layanan untuk uji RT PCR.

Setelah mengadakan rapat bersama seluruh stakeholder tiga rumah sakit dan Dinkes Kota Tarakan, saat ini kondisinya tak memungkinkan pelayanan RT PCR diberikan kepada pelaku perjalanan.

Baca juga: Swab PCR Mulai Langka Bagi Pelaku Perjalanan di Kaltara, Dinkes: Fokuskan PCR untuk Tracing Kontak

“Saat ini kesimpulannya rumah sakit itu overload. Mereka lebih prioritas untuk pasien.

Berangkat itu nomor dua sehingga itu jadi problem karena rumah sakit fokuskan pasien,” beber dr Khairul.

Ia melanjutkan, sebagai solusi dalam pertemuan tersebut, pihaknya akan memaksimalkan jaringan fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan labkesda. Salah satunya pengadaan reagen.

Ia lebih lanjut menjelaskan kondisi rumah sakit saat ini. Satu hari, seperti RSUD Tarakan provinsi Kaltara hanya bisa melakukan 100-an sampel.

Kemudian di Rumkital Ilyas Tarakan sekitar 94 sampel, RSUKT 80 sampel.

“Jadi total 200-an sampel rerata sehari. Belum lagi sekarang ini ada alat tapi tenaganya gak ada karena tenaga ada yang terpapar,” beber dr Khairul kepada TribunKaltara.com.

Seperti di RSUKT saat ini. Masih ada beberapa pertugas laboratorium PCR ikut terpapar Covid-19 sehingga tak bisa melayani dengan maksimal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved