Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Strategi Tangani Covid-19 ala Posko PPKM Terbaik Malinau, Dulu Raih Penghargaan Kapolri Listyo Sigit

Posko PPKM Malinau Kota jadi posko terbaik di Malinau, bahkan pernah raih penghargaan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
HO / Posko PPKM Malinau Kota
Perangkat Posko PPKM Desa Malinau Kota memantau pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 di Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu. (HO / Posko PPKM Malinau Kota) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Malinau dilakukan berjenjang, mulai tingkat desa hingga rukun tetangga (RT).

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau, Kecamatan Malinau Kota menduduki peringkat tertinggi dengan kasus aktif sebanyak 127 kasus.

Baca juga: Benarkah Bulungan Segera Terapkan PPKM Level 4? BPBD Mengaku Masih Menunggu Instruksi Mendagri

Sementara akumulasi kasus aktif di seluruh Kabupaten Malinau berjumlah 242 kasus. Tersebar di 7 wilayah kecamatan di Malinau.

Kepala Desa Malinau Kota, Riemantan Najamuddin menjelaskan, kasus Covid-19 di Malinau Kota rata-rata lebih tinggi dikarenakan populasi dan tingkat kepadatan penduduk terbanyak di Malinau.

"Untuk kasus konfirmasi, memang di Malinau Kota lebih tinggi karena dari segi jumlah, penduduk kita lebih banyak. Sebagai upaya penanggulangan Desa Malinau Kota, memiliki 20 Posko PPKM di 20 RT," ujarnya, Minggu (25/7/2021).

Desa Malinau Kota pernah meraih penghargaan sebagai perangkat Posko PPKM dengan indikator efektivitas, tracing dan ketersediaan Posko terbaik di Kaltara dari Kapolri Listyo Sigit Prabowo, 7 Juni 2021 lalu.

Di tingkat desa, Satuan tugas yang terdiri dari perangkat desa, petugas kesehatan serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas memiliki peran penting dalam penanggulangan Covid-19.

Secara teknis, pola pelaporan temuan kasus Covid-19 disampaikan dari Satuan Tugas tingkat desa.

Laporan terpusat ke Posko Kecamatan, di Balai Pertemuan Umum, Desa Malinau Kota.

"Di lapangan, tingkat RT dan desa ada tim tracer, yang nantinya akan menelusuri jika ada temuan kasus.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved