Berita Internasional Terkini

Berdasar Riset, Presiden Amerika Joe Biden Sebut Ibu Kota Indonesia Jakarta Tenggelam Tahun 2050

Berdasar atas penelitian lembaga riset asal Inggris, Presiden Amerika Joe Biden sebut Ibu Kota Indonesia Jakarta tenggelam pada tahun 2050.

Kolase TribunKaltara.com / Saul Loeb / AFP
Joe Biden dan Kamala Harris saat pelantikan Presiden AS, Kamis (21/01/2021). (Kolase TribunKaltara.com / Saul Loeb / AFP) 

TRIBUNKALTARA.COM - Berdasar atas penelitian lembaga riset asal Inggris, Presiden Amerika Joe Biden sebut Ibu Kota Indonesia Jakarta tenggelam pada tahun 2050.

Hal ini pula, telah diketahui pemerintah Indonesia, dengan segera mendorong pemindahan Ibu Kota dari Kota Jakarta ke Kalimantan.

Pernyataan orang nomor satu di Amerika ini, diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset asal Inggris.

Pentingnya hal ini, Joe Biden menyampaikan ujaran ini saat berpidato di pusat Kontra-Terorisme Nasional Amerika Serikat pada 27 Juli 2021 lalu.

Baca juga: Dampak Ekonomi Pemindahan Ibu Kota Negara ke Sepakunegara

Baca juga: Menteri PPN Suharso Menginap di Ibu Kota Negara Baru, Sepaku, Masyarakat Minta IKN Segera Dibangun

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut soal proyeksi kemungkinan Ibu Kota Indonesia, Jakarta, bakal tenggelam dalam 10 tahun mendatang.

Menurut Biden, itu disebabkan karena fenomena perubahan iklim.

Kondisi ini kemudian mendorong pemerintah Indonesia mulai mewujudkan rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan.

Hal ini diungkit Biden saat berpidato di pusat Kontra-Terorisme Nasional Amerika Serikat pada 27 Juli 2021 lalu.

“Apa yang terjadi di Indonesia jika perkiraan itu benar, bahwa dalam sepuluh tahun, mereka kemungkinan harus memindahkan ibu kota karena tenggelam?" ujar Joe Biden.

Biden mengingatkan bahwa perubahan iklim juga menjadi ancaman terbesar bagi Departemen Pertahanan Amerika Serikat saat ini.

Biden mengatakan jika permukaan air laut 2,5 kaki atau 7,6 cm saja akan ada jutaan orang yang harus pindah dari lokasi yang ditinggali.

"Jika, pada kenyataannya, permukaan laut naik dua setengah kaki lagi, Anda akan memiliki jutaan orang yang bermigrasi, memperebutkan tanah yang subur ...," ujarnya.

Riset Terbaru Jakarta akan Tenggelam

Pada 13 Mei 2021 lalu, sebuah laporan terbaru yang dipublikasikan oleh perusahaan konsultan risiko Verisk Maplecroft  memuat 100 kota di dunia yang menghadapi risiko lingkungan terbesar.

Baca juga: Begini Konsep Ibu Kota Negara Indonesia di Benua Etam Kaltim 

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved