Berita Tarakan Terkini

Pemkot Tarakan Bakal Bagikan 3.000 STB kepada Warga, Terdata Dalam Program Keluarga Harapan

Di Tarakan ada 3.000 alat yang akan diberikan kepada masyarakat, yang terdata dalam Program Keluarga Harapan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Tarakan, Hendra Arfandy. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKANKota Tarakan bakal mendapatkan kuota 3.000 perangkat Set Top Box (STB) atau decoder televisi (TV).

Rencananya pemerintah akan mendistribusikan perangkat STB ke wilayah siaran TV digital. Dengan adanya pembagian STB diharapkan masyarakat akan dapat menikmati siaran TV digital, karena di 2021 terjadi migrasi siaran analog ke digital, atau Analog Switch Off (ASO).

Ini dibeberkan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Tarakan, Hendra Arfandy. Diakui Hendra, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial, untuk mendapatkan data Program Keluarga Harapan (PKH). Nantinya, data PKH akan diseleksi untuk mendapatkan bantuan STB.

Baca juga: Apa Itu Set Top Box? Alat yang Dipasang di TV Analog agar Bisa Terima Siaran TV Digital

Hendra mengakui, saat ini pihaknya masih terkendala data, siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan alat penerima siaran TV digital.

“Di Tarakan ada 3.000 alat yang akan diberikan kepada masyarakat, ini bantuan dari pusat dan datanya sedang kita verifikasi bersama dengan Dinas Sosial, supaya pendistribusianya bisa tepat sasaran,” terangnya.

Baca juga: Daftar Kota yang Sudah Tersedia Siaran TV Digital, Mulai dari Aceh hingga Kalimantan Utara

Lebih lanjut dipaparkan Hendra, pilihan siaran TV digital memang tidak sebanyak TV Kabel. Namun itu bisa dinikmati gratis, selama alat dan perangkat TV mendukung.

Ia memaparkan lagi, untuk ASO tahap I dimulai di 17 Agustus 2021 mendatang dan akan dilaksanakan dibeberapa wilayah di Indonesia. Nantinya aka nada penghentian siaran TV analog akan dilakukan dalam lima tahapan dengan keseluruhan waktu pelaksanaan tidak sampai melewati 2 November 2022.

Ilustrasi TV Digital.
Ilustrasi TV Digital. (Freepik)

Di Kalimantan Utara, terdapat 3 daerah yang akan menggunakan siaran TV digital di antaranya, Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan dan Nunukan.

Hendra menjelaskan untuk perangkat STB merupakan sebuah alat yang dapat mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, sehingga dapat ditampilkan di TV analog biasa.

Baca juga: Apa Itu TV Digital yang Akan Gantikan Peran TV Analog? Simak Penjelasannya

“Pengguna yang sudah menggunakan STB tidak lagi mengganti TV analog yang dimiliki, namun pengguna harus menggunakan antena digital sebagai penangkap sinyal,” ujarnya.

Kemudian lanjutnya, antena tersebut akan mengubah sinyal digital yang akan diolah TV menjadi output tampilan dan suara pada TV analog. STB sendiri sudah diperjual belikan secara bebas dan bisa dapat melalui marketplace dengan harga yang bervariasi.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved