Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Ratusan Mahasiwa Ikuti "Bank Indonesia Mengajar", Tingkatkan Literasi Ekonomi dan Kebanksentralan

Sebagai rangkaian peringatan HUT ke-68 Bank Indonesia (BI) dan HUT ke-76 RI Kantor Perwakilan BI Balikpapan menggelar “Bank Indonesia Mengajar".

Editor: Sumarsono
HO/BI Perwakilan Balikpapan
Bank Indonesia Mengajar menghadirkan Keynote Speech Rektor Universitas Balikpapan, Dr Isradi Zainal dan Kepala Perwakilan BI Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo. 

TRIBUNKALTARA.COM - Sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-68 Bank Indonesia (BI) dan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Kantor Perwakilan BI Balikpapan menggelar “Bank Indonesia Mengajar”.

Kegiatan dengan tema “Memperkuat Inovasi, Sinergi, dan Kepedulian Sosial sebagai Kontribusi bagi Pemulihan Ekonomi Nasional sebagai bentuk dukungan nyata BI dalam peningkatan literasi ekonomi dan kebanksentralan.

“Bank Indonesia Mengajar” berlangsung secara virtual pada 4 Agustus 2021 dihadiri lebih dari 730 mahasiswa Universitas Balikpapan dan perwakilan mahasiswa universitas lainnya di luar Balikpapan.

Acara diawali penyampaian Keynote Speech Rektor Universitas Balikpapan, Dr Isradi Zainal dilanjutkan pemaparan materi oleh Kepala Perwakilan BI Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo.

Baca juga: Manfaatkan Teknologi Digital, Bank Indonesia Komitmen Bantu Pasarkan Produk Batik Asal Tarakan

Rektor Universitas Balikpapan Dr Isradi meyambut baik kegiatan “Bank Indonesia Mengajar” sebagai kontribusi nyata Bank Indonesia meningkatkan literasi ekonomi dan kebanksentralan.

Pengetahuan terkait kebanksetralan wajib dimiliki oleh mahasiswa untuk memahami kondisi perekonomian saat ini, khususnya di masa pandemi Covid-19 di samping bidang keilmuan yang ditekuni.

Rektor Universitas Balikpapan Dr Isradi memberikan kata sambutan pada acara baik kegiatan “Bank Indonesia Mengajar” .
Rektor Universitas Balikpapan Dr Isradi memberikan kata sambutan pada acara baik kegiatan “Bank Indonesia Mengajar” . (HO/BI Perwakilan Balikpapan)

Sementara itu, dalam paparannya, Kepala Perwakilan BI Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo menyampaikan peranan BI dalam perekonomian dengan tujuan tunggal yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Seiring dengan adanya kemajuan teknologi, BI juga bertransformasi dan mendorong akselerasi digital dalam perekonomian utamanya sistem pembayaran.

Baca juga: Universitas Balikpapan Wisuda 173 Mahasiwa, Isradi Zainal: Siap Dukung Balikpapan Penyangga IKN

Lebih lanjut, di tengah pandemi Covid-19, BI telah melakukan bauran kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas rupiah dan stabilitas sistem keuangan.

Dalam kegiatan ini, civitas akademika Universitas Balikpapan terutama para mahasiswa antusias mengikuti penyampaian materi yang diberikan dan sangat aktif pada sesi tanya jawab yang berlangsung secara daring.

Sebagai informasi, program “Bank Indonesia Mengajar” dilaksanakan serentak oleh semua Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik dan Siswa, Bank Indonesia Bantu 16 Lembaga Pendidikan di Kaltara

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi ekonomi dan kebanksentralan kepada civitas akademika terkait peran dan kebijakan BI khususnya mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Ke depan, Kantor Perwakilan BI Balikpapan berkomitmen untuk berkontribusi meningkatkan literasi ekonomi dan kebanksentralan, khususnya dalam menghadapi era digitalisasi ekonomi dan tantangan new normal dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi.

(*)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved