Berita Nasional Terkini

Tak Cuma Jakarta Berpotensi Tenggelam, Peneliti ITB Beber 112 Kabupaten/Kota Bakal Ikut Terendam

Tak cuma Jakarta yang berpotensi tenggelam dalam beberapa tahun ke depan, peneliti ITB beber 112 Kabupaten/Kota di Indonesia bakal ikut terendam.

Tribun Jateng/HermawanHandaka
ILUSTRASI - Banjir air rob di pemukiman Tambaklorok, Semarang Utara, Jawa Tengah Jumat (23/4/2021). (Tribun Jateng/HermawanHandaka) 

TRIBUNKALTARA.COM - Tak cuma Jakarta yang berpotensi tenggelam dalam beberapa tahun ke depan, peneliti ITB beber 112 Kabupaten/Kota di Indonesia bakal ikut terendam.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden sempat memprediksi bahwa ibu kota Indonesia, Jakarta bakal tenggelam dalam waktu 10 tahun mendatang.

Prediksi itu bukan tanpa sebab, mengingat wilayah Jakarta mengalami penurunan tanah tiap tahunnya.

Misalnya Jakarta Barat, yang mengalami penurunan hingga 15 cm per tahun.

Lalu Jakarta Timur sampai 10 cm per tahun.

Meski demikian, tak cuma Jakarta yang bakal tenggelam.

Hal ini diungkap peneliti Geodesi Institute Teknologi Bandung, Heri Andreas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ITB, setidaknya ada 112 Kabupaten/Kota yang memiki potensi tenggelam akibat penurunan tanah.

Heri Andreas berharap pemerintah mengambil langkah-langkah pencegahan agar 112 Kabupaten/kota di Indonesia yang berpotensi tenggelam bisa dicegah dan terselamatkan.

"Sebagai informasi 112 Kabupaten/Kota punya potensi tenggelam, nggak cuma Jakarta saja," kata Heri Andreas, Rabu (4/8/2021) melansir Kompas.tv.

"Hal ini mudah-mudahan sudah diketahui pemerintah dan sudah menjadi perhatian untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat ya. Mudah-mudahan."

Berdasar hasil penelitian tersebut, Heri Andreas pun menuturkan bukan Jakarta yang berpotensi tenggelam untuk pertama akibat laju penurunan tanah.

Baca juga: Detik-detik Ganjar Pranowo Disentil Megawati saat Bahas Banjir Rob Semarang di Acara PDIP

Berdasarkan hasil penelitian, Kawasan Pantau Utara Jawa lebih berpeluang tenggelam jika dibandingkan dengan DKI Jakarta.

"Saat ini kita mesti lebih khawatir dengan beberapa wilayah pantura, Jawa Tengah, di Pekalongan, Semarang, dan Demak," kata Heri Andreas.

Halaman
123
Sumber: Kompas TV
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved