Breaking News:

Opini

Urgensi Penggunaan Kapal sebagai Tempat Isolasi Mandiri OTG Terpapar Covid-19

Penggunaan kapal sebagai tempat isolasi mandiri bagi orang terpapar Covid-19 tanpa gejala (OTG) diinisiasi Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Editor: Sumarsono
IST
Dr, Isradi Zainal, Rektor Universitas Balikpapan 

Oleh: Dr. Isradi Zainal *)

TRIBUNKALTARA.COM - WACANA penggunaan kapal sebagai tempat isolasi mandiri bagi orang terpapar Covid-19 tanpa gejala (OTG) menurut sejumlah media diinisiasi Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Penggunaan kapal sebagai tempat isoman tersebut sebagai wujud kerjasama antara PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

Menurut Dirut PT Pelni Insan Purwarisya L. Tobing, pihaknya akan menyiapkan KM Umsini sebagai kapal pertama untuk lokasi apung isolasi mandiri bagi yang terpapar Covid OTG dan gejala ringan yang menurutnya sesuai permintaan Wali Kota Makassar.

Baca juga: Sekretariat PWI Kaltim jadi Tempat Isolasi Mandiri Wartawan, Kadisdikbud Kaltim Serahkan Bantuan

Memanfaatkan kapal Pelni sebagai lokasi isoman karena kapal dalam posisi portstay (berhenti beroperasi untuk sementara waktu). Kapal pertama yang akan digunakan adalah KM Umsini. (medcom.id)

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengatakan, penggunaan KM Umsini mengusung tiga konsep di antaranya recovery, training motivasi, dan olah raga/rekreasi. (liputan6.com).

Selanjutnya Direktur Usaha PT Pelni, Sodikin menyatakan kapal merupakan tempat teraman melakukan isoman karena jauh dari permukiman dan tempat tinggal, bisa berkeliling dengan sejumlah fasilitas termasuk wifi.

Di atas kapal, pasien isoman juga bisa berjemur dan air laut bagus untuk pernafasan bagi pasien Covid-19 karena mengandung kadar garam (www.sonora.id).

Perjanjian kerjasama ditandatangani pada 2 Agustus 2021 di atas KM Umsini dihadiri Dirjen Perhubungan Laut.

Lalu bagaimana urgensi penggunaan kapal penumpang di masa pandemi Covid-19?

Baca juga: Kabar Baik Bagi Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri, Ada Paket Bantuan Disalurkan Baznas Tarakan

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved