Breaking News:

Berita Malinau Terkini

500 Vial AstraZeneca untuk Sasaran Dosis Pertama, Tambahan 728 Vial Dosis Kedua Masih Diusulkan

500 Vial vaksin AstraZeneca dikabarkan akan segera tiba di Kabupaten Malinau. diprioritaskan bagi sekira 5000 sasaran vaksinasi dosis pertama.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Pelaksanaan vaksinasi dosis pertama di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupat 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - 500 Vial vaksin AstraZeneca dikabarkan akan segera tiba di Kabupaten Malinau.

Tambahan vaksin tersebut diprioritaskan bagi sekira 5000 sasaran vaksinasi dosis pertama. Sebelumnya tambahan vaksin di Malinau diprioritaskan untuk penerima dosis ke dua.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau, Wempi W Mawa mengakui, vaksin saat ini seolah menjadi buruan bagi warga.

Baca juga: Update Vaksinasi di Malinau Capai 15,22 Persen, 247 Orang Kasus Aktif Covid-19, BOR RSUD masih Cukup

Tambahan 500 vial vaksin AstraZeneca tersebut nantinya akan disalurkan ke tingkat kecamatan dan diteruskan berdasarkan kebutuhan di tingkat desa.

"Tambahan 500 vial ini untuk dosis pertama. Memang saat ini vaksin dosis 1 seolah jadi buruan warga. Karena saat ini kita sedang fokus merampungkan vaksinasi dosis kedua," ujarnya, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: Vaksin Covid-19 Diburu Warga Malinau, Satgas Ubah Pola Pelaksanaan Vaksinasi untuk Cegah Kerumunan

Data Dinas Kesehatan P2KB Malinau, tambahan vaksin diperoleh sebanyak 147 vial Sinovac untuk penerima dosis dua. Dibutuhkan sekira 782 vial lagi untuk kebutuhan dosis 2 di bulan Agustus 2021.

Mengenai kekurangan tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 Malinau masih mengusulkan tambahan untuk 7.820 sasaran untuk penerima dosis 2.

Pelaksanaan vaksinasi dosis pertama di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau.
Pelaksanaan vaksinasi dosis pertama di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau. (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Tambahan 500 vial AstraZeneca tersebut nantinya akan disalurkan kepada penerima prioritas di daerah rawan dan desa-desa yang belum terjangkau.

"Target sasaran diperuntukkan untuk mereka yang berada di wilayah rawan. Berusia di bawah 50 tahun. Nanti penyalurannya lewat kecamatan dan lanjut ke desa. Karena yang paham data adalah desa," katanya.

Baca juga: Tuntas Suntikkan Dosis Kedua Vaksin Covid-19 Sinovac, Besok Fokus Vaksinasi untuk Anak & Ibu Hamil

Sementara itu, Warga Desa Malinau Hulu, Iskandar meminta agar penyaluran vaksinasi benar-benar transparan dan sesuai dengan prioritas sasaran.

Sebab, menurutnya saat ini banyak masyarakat yang berharap segera divaksin. Selain karena kondisi kesehatan, Kartu vaksin saat ini menjadi prasyarat pelaku perjalanan.

"Kalau memang ada tambahan, supaya semua dapatlah. Ada anak-anak kuliah, pedagang, semua butuh itu kartu vaksin. Sistemnya sekarang siapa cepat dia dapat, supaya pendataannya baguslah nanti," ucapnya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved