Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Cerita Menarik Norhayati Andris, Jadi Irup di HUT ke-76 RI di Apau Kayan Perbatasan Indonesia

Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris mengatakan menjalani tugas sebagai Inspektur Upacara atau Irup dalam HUT ke-76 RI di Apau Kayan.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ Dok Pribadi Norhayati Andris
Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris saat menjalani tugas sebagai Irup di Upacara HUT ke-76 RI di Apau Kayan, Malinau, Selasa (17/8/2021) lalu 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris mengatakan perasaan bangga serta syukur bercampur menjadi satu, saat dirinya menjalani tugas sebagai Inspektur Upacara atau Irup dalam HUT ke-76 RI di Apau Kayan, Malinau.

Politisi PDI-P ini mengaku tidak pernah membayangkan sebelumnya akan bertugas menjadi Irup di HUT RI, khususnya di wilayah perbatasan.

Kondisi kasus Covid-19 yang sempat melonjak di Apau Kayan, menurut Norhayati tidak menyurutkan rasa nasionalisme masyarakat di perbatasan RI-Malaysia, saat melaksanakan upacara.

Baca juga: Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris Terpapar Virus Corona, Minta Masyarakat Disiplin Pakai Masker

"Sebelumnya tidak terpikirkan bagi saya akan menjadi Irup di HUT RI, tapi saya diberikan kesempatan menjadi Irup, saat di Apau Kayan kemarin untuk peringatan sangat-sangat berbeda, dan juga ini suatu kebanggaan," kata Norhayati Andris, Kamis (19/8/2021).

"Rasa nasionalisme kita, dibarengi dengan rasa syukur dimana kasus Covid-19 di Apau Kayan terus mengalami penurunan. Karena kita tahu Apau Kayan pada minggu-minggu yang lalu kasus Covid-19 di sana luar biasa," terangnya.

Baca juga: Japfa Incar Sektor Pertanian dan Perikanan Kaltara, Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris Beri Pesan

Lebih lanjut Norhayati mengatakan, ada pelajaran berharga yang dapat dipetik dan ditiru dari masyarakat Apau Kayan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Yakni bagaimana masyarakat bisa saling terbuka, jujur dan saling membantu saat pandemi melanda wilayah Apau Kayan.

Ketua DPRD Kaltara, Norhayati Andris (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI)
Ketua DPRD Kaltara, Norhayati Andris (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI) (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI)

"Masyarakat di sana sangat terbuka mengumumkan warganya yang positif Covid-19, rumah siapa, namanya siapa, itu diumumkan terbuka," katanya.

"Dan rumah yang sedang Isoman dituliskan di depannya sedang isoman, jadi tidak boleh dikunjungi, tetapi tetap dibantu oleh tetangganya," tambahnya.

Baca juga: Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris Minta Pemprov Libatkan Pemerintah Pusat Atasi Kedatangan PMI

"Ini yang perlu kita apresiasi dan kita contoh, bagaimana keterbukaan, kejujuran dan kebersamaan antar masyarakat," pesannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved