Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Polres Bulungan Amankan Sianida Ilegal, Dipastikan Terkait Aktivitas Tambang Emas Ilegal di Sekatak

Polres Bulungan memastikan terungkapnya perdagangan sianida ilegal di sebuah lokasi pemurnian emas di Sekatak, terkait aktivitas tambang emas ilegal.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Sumarsono
Tribun Kaltara
Barang Bukti berupa 27 Drum sianida ilegal saat diamankan oleh Polres Bulungan, bertempat di Mapolres Bulungan, Rabu (18/8/2021) (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Pihak Polres Bulungan memastikan terungkapnya perdagangan sianida ilegal di salah satu lokasi pemurnian emas di Sekatak, terkait aktivitas tambang emas ilegal.

Sebelumnya, jajaran Polres Bulungan berhasil mengamankan 27 drum sianida ilegal yang siap digunakan untuk proses pemurnian emas di Sekatak, Bulungan.

Menurut Kasatreskrim Polres Bulungan Iptu Muhammad Khomaini, Kamis (19/8/2021) aktivitas pemurnian emas yang berhasil diamankan tersebut baru saja akan dioperasikan.

Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona, Wakapolres Bulungan Wiliam Sitorus dan Kasatreskrim Polres Bulungan Iptu Muhammad Khomaini saat memberikan keterangan pers terkait perdagangan sianida ilegal di Mapolres Bulungan, Rabu (18/8/2021) (TribunKaltara.com / Maulana Ilhami Fawdi)
Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona, Wakapolres Bulungan Wiliam Sitorus dan Kasatreskrim Polres Bulungan Iptu Muhammad Khomaini saat memberikan keterangan pers terkait perdagangan sianida ilegal di Mapolres Bulungan, Rabu (18/8/2021) (TribunKaltara.com / Maulana Ilhami Fawdi) (TribunKaltara.com / Maulana Ilhami Fawdi)

Namun terkait kepemilikan atau perdagangan sianida secara ilegal telah berlangsung selama 3 Bulan belakangan.

Baca juga: Perdagangan Sianida Ilegal di Sekatak masih Marak, Kapolres Bulungan Akui Keterbatasan Pengawasan

"Kalau untuk pengolahan tong itu baru malam itu saat kita amankan, tapi untuk perdagangan sianida ini sudah 3 Bulan," kata Kasatreskrim Polres Bulungan Iptu Muhammad Khomaini.

Lebih lanjut pihaknya memastikan akan melakukan penelusuran dan penertiban aktivitas pertambangan emas secara ilegal di wilayah Sekatak.

"Ada, nanti akan ada penertiban tambang emas ilegal di lokasi lainnya," terangnya.

Baca juga: Polres Bulungan Amankan 27 Drum Sianida, AKBP Ronaldo Maradona tak Main-main dengan Tambang Ilegal

Terkait satu orang tersangka yang masih buron, dirinya mengatakan telah mendeteksi keberadaan inisial M di luar wilayah Kaltara.

Namun masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kepastian tersangka yang menjadi pemilik pengolahan pemurnian emas di Sekatak.

"Infonya di Sulawesi, tapi dimananya masih kita lidik lebih lanjut," terangnya.

Sebelumnya diberitakan jajaran Polres Bulungan berhasil mengamankan 27 drum sianida ilegal dari sebuah lokasi pemurnian emas di Sekatak, Bulungan.

Tak hanya sianida, polisi juga mengamankan 2 tong pengolahan pemurnian emas, dan telah menetepkan satu orang pengelola sebagai tersangka kasus pengelolaan tambang tanpa izin dan peredaran sianida ilegal.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved