Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Ratusan Pekerja Migran Indonesia Belum Ada Kepastian Dideportasi, Depot Imigresen Tawau Lockdown

Hingga kini belum ada kepastian mengenai jadwal deportasi ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Tawau, Malaysia. Depot Imigresen Tawau lockdown

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS
Ratusan PMI dideportasi dari Tawau, Malaysia melalui Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, belum lama ini. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Hingga kini belum ada kepastian mengenai jadwal deportasi ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Tawau, Malaysia.

Sebelumnya, pada 4 Agustus lalu, Konsulat RI di Tawau mengumumkan 187 PMI bakal di deportasi dari Tawau.

Namun, rencana pemulangan kembali ke tanah air batal, lantaran sekira 100 lebih WNA di Depot Imigresen Tawau terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu membuat deportasi ratusan pahwalan devisa negara itu terpaksa ditunda hingga 14 hari ke depan terhitung sejak tanggal 4 Agustus 2021.

Baca juga: 8 Bulan Jadi Tahanan Imigresen Tawau, 1 PMI Unprosedural Meninggal Dunia, Almarhum Sosok Pendiam

Saat dikonfirmasi mengenai jadwal pasti kepulangan ratusan PMI itu, Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya (Pensosbud), Konsulat RI di Tawau, Emir Faisal mengatakan, hingga kini Depot Tahanan Imigresen Tawau masih lockdown.

"Depot Tahanan Imigresen di Tawau masih lockdown. Sementara ini belum bisa dipastikan kapan mereka (PMI) di ideportasi," kata Emir Faisal kepada TribunKaltara.com, melalui pesan WhatsApp, Jumat (20/08/2021), pukul 11.00 Wita.

Baca juga: Alami Serangan Jantung, Seorang PMI Meninggal Dunia di RS Tawau, Jenazah Dipulangkan ke Indonesia

Menurutnya, saat ini ratusan PMI tersebut, masih berada di dalam Depot Tahanan Imigresen Tawau.

"Jelasnya nanti, kami akan melakukan pemeriksaan swab PCR terhadap 186 PMI tersebut sebelum dipulangkan ke tanah air melalui Kabupaten Nunukan. Jadi jumlahnya sekarang 186 karena satu PMI telah meninggal dunia dan jenazahnya sudah dibawah pulang kembali pada 10 Agustus lalu," ucapnya.

Ratusan PMI yang dideportasi dari Tawau, Malaysia tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, belum lama ini
Ratusan PMI yang dideportasi dari Tawau, Malaysia tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, belum lama ini (TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS)

Terpisah, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tunon Taka Nunukan, dr Baharullah menuturkan, swab PCR untuk ratusan PMI yang akan dideportasi masih tersedia sampai saat ini.

"Insyallah swab PCR tercukupi. Pada saat tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan nanti, kami langsung melakukan pemeriksaan dan pengambilan sampel PCR terhadap 186 PMI itu," ujarnya.

Baca juga: Deportasi Ratusan PMI dari Malaysia Ditunda Hingga 14 Hari, Konsulat RI di Tawau Beber Alasannya

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved