Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Cegah Masuknya Paham Radikalisme dan Terorisme, Ini Tiga Strategi Pemprov Kalimantan Utara

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara telah menyiapkan tiga strategi untuk mencegah masuknya paham radikalisme dan terorisme.

Tribun Kaltara
Sosialisasi "Peran Masyarakat dan Media dalam Mencegah Paham Ekstrimisme, Radikalisme, dan Terorisme di Wilayah Kalimantan Utara". Acara berlangsung di Aula Gedung Gadis Pemprov Kaltara. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara telah menyiapkan tiga strategi untuk mencegah masuknya paham radikalisme dan terorisme.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi "Peran Masyarakat dan Media dalam Mencegah Paham Ekstrimisme, Radikalisme, dan Terorisme di Wilayah Kalimantan Utara" .

Acara yang berlangsung di Aula Gedung Gadis Pemprov Kaltara dibuka oleh Sekretariat Daerah H Suriansyah mewakili Gubernur Kalimantan Utara Zainal A Paliwang yang berhalangan hadir pada forum tersebut.

"Menanggulangi terorisme, harus berangkat dari landasan awal, yakni menangkal pencegahan radikalisme terorisme," ungkap Suriansyah dalam sambutannya, Rabu, (25/08/2021).

Baca juga: Cara TNI Anak Buah Marsekal Hadi Tjahjanto di Tarakan Cegah Radikalisme, Butuh Dukungan Masyarakat

Suriansyah menyampaikan pula hakekat pencegahan serta penanggulanan radikalisme dan terorisme ada 3 cara, yakni:

1. Strategi Kesiapsiagaan dengan mencegah individu paham radikalisme dan terorisme.

2. Strategi Kontra-Radikalisasi melalui mencegah individu atau kelompok yang sudah terpapar radikal rendah maupun menegah agar tidak masuk kembali kepada paham radikalisme.

3. Strategi Dere-radikalisasi yaitu mencegah individu atau kelompok yang terpapar pada kadar cukup tinggi, agar tidak melakukan aksi terorisme atau terkena paham radikalisme.

Baca juga: Begini Kronologi Penangkapan SP Terduga Teroris di Balikpapan, Sempat Video Call Istri: Ada di Hotel

Lebih lanjut tiga strategi tindakan pencegahan terorisme radikalisme dengan cara komperhensif dan efektif sesuai sasaran.

Acara sosialisasi dihadiri Kepala BIN Kaltara Brigjen TNI Sulaiman, Dirbinmas Polda Kaltara, DKIP, perwakilan tokoh masyarakat, adat, media dan mahasiswa se Kalimantan Utara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved