Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Ketua Pokja 1 TP PKK Nunukan Sebut Cegah Stunting, Dimulai dari Perbaikan Pola Asuh Anak

Ketua Pokja 1 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Nunukan sebut cegah stunting dimulai dari perbaikan pola asuh anak.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS
Ketua Pokja 1 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Nunukan, Fajar Arsidana. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Ketua Pokja 1 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Nunukan sebut mencegah stunting dapat dimulai dari perbaikan pola asuh anak.

Hal itu disampaikan oleh Fajar Arsidana seusai melakukan sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja dengan tema 'Pencegahan Stunting dengan Memaksimalkan Pola Asuh Anak Dalam Keluarga'.

Menurutnya, secara lebih luas penyebab stunting, karena faktor pendidikan, ekonomi, sosial, dan fasilitas kesehatan.

Baca juga: Tingkatkan SDM saat Pandemi Covid-19, Ketua TP PKK KTT Vamelia Ibrahim Gerakkan TBM di Tana Tidung

Kurangnya pengetahuan ibu tentang kesehatan dan gizi, sebelum dan saat masa kehamilan, bisa menjadi pemicu stunting.

"Pola asuh anak di dalam keluarga untuk mencegah stunting saya istilahkan pola asuh yang tidak menang dan tidak kalah. Dengan kata lain pola asuh yang demokratis. Kalau orang tua yang melakukan kekeliruan, ya harus berani meminta maaf sama anak. Supaya anak merasa hak dan martabatnya juga dihargai oleh orang tua," kata Fajar Arsidana kepada TribunKaltara.com, Sabtu (28/08/2021), pukul 12.30 Wita.

Lebih lanjut Fajar sampaikan, pola asuh anak menjadi program prioritas Pokja 1 sekaligus juga program nasional.

Baca juga: Didesain Kekinian, Ketua PKK Tana Tidung Vamelia Ibrahim Sebut ASN Bakal Gunakan Baju Adat Tidung

Yang mana selama dua tahun berturut-turut ini, pola asuh anak terus disosialisasikan oleh TP PKK Nunukan hingga ke tingkat kelurahan.

"TP PKK harus menjadi fasilitator di tengah masyarakat untuk terus mensosialisasikan kepada para ibu mengenai pola asuh anak yang baik," imbuhnya.

Fajar mengingatkan kepada para ibu agar di samping bekerja memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, juga harus memperhatikan pola asuh anak di rumah.

Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja dengan tema 'Pencegahan Stunting dengan Memaksimalkan Pola Asuh Anak Dalam Keluarga' di Sekretariat TP PKK Nunukan, Sabtu (28/08/2021), pagi.
Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja dengan tema 'Pencegahan Stunting dengan Memaksimalkan Pola Asuh Anak Dalam Keluarga' di Sekretariat TP PKK Nunukan, Sabtu (28/08/2021), pagi. (TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS)

Mulai dari memperhatikan asupan gizi anak sampai pada membimbing dan mengarahkan anak.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved